Inspirasi Liburan Akhir Tahun di Sulawesi Selatan

Salah Satu Tempat Wisata di Sulawesi Selatan - Ke'te Kesu, Toraja (Foto: AZwisata.com)

KabarMakassar.com — Libur sekolah akan dimulai sebentar lagi, diikuti dengan perayaan akhir tahun menjadikan bulan desember 2017 sebagai bulan untuk berlibur bersama keluarga dan teman dalam menyambut tahun baru 2018.

Redaksi kabarmakassar.com telah menghimpun beberapa tempat di Sulawesi selatan untuk menjadi inspirasi tempat liburan akhir tahun buat kamu.

Berikut beberapa tempat keren untuk menjadi referensi berlibur bersama keluarga dan teman:

1. Pantai Pasir Putih Bira, Bulukumba

Keindahan Pantai Tanjung Bira (Foto: sportourism.id)

Pantai yang terletak di keamatan Bonto Bahari sekitar 42 KM di sebelah timur ibukota kabupaten ini telah terkenal dengan keindahan pantainya.

Didukung fasilitas wisata dan pemandangan yang indah menjadikan pantai pasir putih bira menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat setahun penuh.

Pantai Bira merupakan tempat bersantai dimana anda dan keluarga anda dapat menghabiskan waktu akhir tahun dengan bebrenan, snorkeling, ataupun hanya memandang indahnya pemandangan pantai.

2. Kawasan Wisata Malino, Gowa

Hutan Pinus Malino (Foto: Hellomakassar.com)

Terletak di kecamatan Tinggimoncong, kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Malino terletak 90 KM dari kota Makassar. Malino merupakan kawasan wisata yang tepat untuk menghabiskan akhir tahun bersama keluarga dan teman.
Didukung dengan pemandangan dan suasana pegunungan yang sejuk bersuhu sekita 10°C hingga 26°C serta keindahan air terjun Takapala, Kebun teh dan strawberry menjadikan malino sebagai tempat liburan akhir tahun yang tepat.

Baca juga :   Jebolan Indonesian Idol Asal Makassar Ini Suarakan Aksi Kamisan

3. Taman Nasional Bantimurung, Maros

Taman Nasional Bantimurung (Foto: Wisata.pesona.travel)

Bantimurung yang berlokasi kurang lebih 30 km dari kota Makassar ke arah utara utara menuju kabupaten maros.
Bantimurung ditunjuk menjadi kawasan konservasi atau taman nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK.398/Menhut-II/2004 tanggal 18 Oktober 2004.

Bantimurung memiliki keindahan pemandangan yang dipenuhi oleh goa-goa dan karst yang unik.

Bantimurung juga dilengkapi dengan air terjun yang mencapai 15 meter dan lebar air 20 meter menambah kesejukan suasana liburan akhir tahun yang tepat.

Bantimurung juga dikenal dengan istilah The Kingdom of Butterfly dikarenakan banyaknya kehadiran kupu-kupu yang menghuni taman nasional ini dapat melengkapi momen menyambut tahun baru.

Baca juga :   Ada Promo Special Kamar Murah Di Hotel Fave Panakukkang

4. Benteng Rotterdam, Makassar

Fort Rotterdam (Foto: unhas.ac.id)

Menghabisi liburan akhir tahun tidak hanya selalu dihabiskan menikmati keindahan alam, wisata legenda juga merupakan opsi terbaik untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga dan kerabat.

Salah satunya adalah wisata legenda di benteng Rotterdam, Makassar.

Benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo ini dulunya telah diserahkan kepada Belanda dalam perjanjian Bungayya.

Benteng yang berbentuk seekor penyu ini marak akan nilai sejarah. Sebuah referensi liburan akhir tahun yang tepat dengan mengedukasi diri sendiri maupun orang lain.

5. Lovely December, Toraja Utara

Salah satu paduan suara pada Festival Lovely December 2016, D’B3 Voice FISIP UNHAS

Tahun ini festival tahunan Toraja, Lovely Toraja atau yang dikenal dengan Lovely December kembali digelar dengan Kabupaten Toraja Utara sebagai Tuan rumah kegiatan.

Berkunjung Toraja pada libur akhir tahun merupakan salah satu waktu yang tepat dalam menikmati indahnya pergantian tahun.

Baca juga :   Tips Kesehatan FKM UMI, Vitamin E Mampu Mengurangi Nyeri Haid

Festival ini terdiri dari berbagai rangkaian acara seperti festival kopi & international barista competition, pameran kuliner, pagelaran seni budaya, dan masih banyak lagi.
Kegiatan ini dipelopori oleh kerjasama antara Pemkab Toraja Utara, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Kementrian Pariwisata RI, Kementrian Koordinator Kemaritiman RI dan Badan Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia, serta sponsor.

Festival Toraja Lovely December merupakan tempat yang tepat bagi kamu yang ingin menghabiskan akhir tahun sambil dihibur oleh pertunjukkan seni yang indah sekaligus nikmatnya kopi toraja yang mendunia.

Bagaimana? Telah memilih liburan akhir tahun yang tepat? Semoga referensi dari redaksi KabarMakassar.com dapat menjadi sumber inspirasi pembaca dalam menyambut datangnya tahun 2018.

Penulis : Muhammad Fajar Nur