Ini Target Dinasi PU Di Tahun 2018

Dinas PU

KabarMakassar.com— Masalah drainase akan menjadi salah fokus program dari dinas PU Kota makassar Di tahun 2018 akan datang. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar Muh Ansar menjelaskan bahwa pihaknya akab lebih memaksimalkan kerja-kerja pembersihan drainase dari endapan sedimen.

Untuk itu pihak Dinas PU akan mengusulkan penambahan jumlah personil satuan tugas (satgas) drainase sebanyak 100 orang dalam APBD mendatang. Kepala Dinas PU Makassar, M Anshar mengaku jika jumlah satgas drainase saat ini belum ideal mengatasi sedimen drainase.

Baca juga :   Pemkot Makassar Raih Juara Satu Stand Terbaik di Expo Sulsel

Apalagi saat musim penghujan melanda Makassar menyebabkan volume air dalam saluran semakin meningkat. Dalam satu tahun setidaknya dilakukan tiga kali pengangkatan sedimen disejumlah titik-titik drainase yang rawan terjadi genangan.

“Saya kira dari 380 petugas satgas drainase saat ini jumlahnya belum ideal untuk mengangkat sediemen drainase. Untuk itu saya sudah usulkan adanya penambahan tahun 2018 sebanyak 100 orang,” ujar Ansar, Sabtu (18/11/2017).

Baca juga :   Densus 88 Sambangi Kantor Gubernur, Ada Apa ?

Menurut data Dinas PU Makassar, satgas drainase saat ini berjumlah 476 orang. 380 diantaranya bertugas secara rutin melakukan pengerukan, 70 diantaranya pasukan khusus, dan 26 lainnya adalah pasukan antik. Untuk satgas tersebut, Dinas PU Makassar menganggarkan Rp13 miliar untuk upah satgas.

Lanjut Ansar, pengangkatan sedimen tidak bisa dilakukan seketika tetapi butuh proses secara bertahap. “Dalam setahun itu dibutuhkan ribuan satgas kalau bicara ideal, dan tahun 2018 kami akan menambah sekitar 100 satgas jadi total secara keseluruhan sebanyak 480 satgas,” ujarnya. Dia berharap usulan tersebut bisa diakomodir, sehingga masalah genangan air di setiap musim penghujan tiba. (Rilis)