Ini Pesan Wagub Sulsel untuk Bupati dan Walikota

Agus Arifin Nu Mang

Kabar Makassar — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang meminta Bupati dan Walikota untuk melakukan penertiban dan pemeriksaan di warung tempat persinggahan para sopir truk yang melakukan perjalanan lintas Kabupaten dan Kota di wilayah Sulawesi Selatan, khususnya kepada mereka yang berpotensi menularkan HIV/AIDS.

“Saya minta Bupati dan Walikota untuk menertibkan lokasi atau warung tempat persinggahan sopir truk, kalau perlu di sidak dan diadakan pemeriksaan darah,” Kata Agus ketika membuka Pertemuan Koordinasi KPA Provinsi dan 10 Kabupaten/Kota perioritas dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS di Sulawesi Selatan, di Hotel Maxone Senin 28/9.

Baca juga :   BNN Buka Pendaftaran Untuk Wilayah Ini

Permintaan penertiban oleh Orang nomor dua Sulawesi Selatan itu, terkait adanya kasus seorang Ibu rumah tangga tinggal di pedesaan yang terjangkit HIV/AIDS. Ternyata penyakit yang mematikan itu ditularkan oleh suaminya yang berprofesi sebagai sopir truk.

Agus Arifin Nu’mang yang juga adalah Ketua Pelaksana KPA Sulawesi Selatan juga meminta kepada Bupati dan Walikota agar menyiapkan anggaran yang cukup untuk menanggulangi penyebaran HIV/AIDS yang begitu cepat dan variatif.

Baca juga :   Deng Ical Sebut Kekuatan Makassar Ada Pada Budaya Lokalnya

Sekretaris KPA Sulawesi Selatan Saleh Rajab mengatakan bahwa penyebaran HIV/AIDS sangat cepat, bahkan melebihi kecepatan upaya kita untuk mencegah dan menanggulangi penyakit berbahaya itu. Dia juga mengatakan bahwa begitu cepatnya penyebaran HIV/AIDS sehingga terdapat tiga orang terjangkit penyakit tersebut dalam sehari.

Saleh Rajab juga mengatakan bahwa penyebaran HIV/AIDS, bukan hanya menyebar kepada orang berisiko, seperti Penjaja Seks Komersial (PSK) atau pelaku penyimpangan seks dan penyalagunaan narkoba, tetapi kini telah menyebar dan masuk ke wilayah publik seperti ibu rumah tangga serta bayi dan lainnya.