News

Ini Mekanisme Deteksi Dini Narkoba di Sulsel

Ini Mekanisme Deteksi Dini Narkoba di Sulsel

Kabar Makassar -- Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel melakukan deteksi dini terhadap siswa pengguna narkoba. Oleh Karena itu, Kepala Disdik Sulsel, Irman Yasin Limpo melakukan pemantauan beberapa tes yang dilakukan SMA Negeri 1 (Smansa) Makassar, Senin, 17 Juli 2017.

Beberapa tes yang dilakukan oleh Smansa Makassar. Di antaranya, tes psikologi, teswawancara, dan tes narkoba.

“Pengenalan lingkungan dimulai tanggal 20. Ini hanya menghadirkan siswa untuk tes narkoba, psikologi, wawancara, sebagai pendalaman. Ini apel kesadaran, sekaligus ada beberapa pengumuman,” ungkapnya.

Menurut None, sapaan akrab Irman Yasin Limpo, ini bertujuan untuk melakukan database.

“Karena kita mau ada database kita lakukan. Supaya, kita bentuk unit kegiatan siswa yang fokus pada pemberantasan narkoba. Jadi, ada deteksi dini dari temannya, karena yang bisa menyembuhkan teman sebayanya sendiri,” tuturnya.

Setelah mendapatkan datebase dari tes narkoba tersebut, kata None', pihaknya akan memberikan bimbingan konseling di sekolah. Termasuk melibatkan BNN dan orangtua siswa.

“Kalau dia terindikasi positif, kita koordinasi dengan BNN. Kalau BNN bilang sudah parah dan harus direhab, maka harus direhab. Tapi, secara administrasi tidak dikeluarkan. Kecuali kalau dia bandar. Jadi, orang terkena narkoba bukan kejahatan, tapi dampak. Di sekolah dihindari virusnya saja,” pungkasnya.

Marwah Ismail

Journalist

Pewarta yang telah memiliki sertifikasi "Jurnalis Muda" dari Dewan Pers. Mahasiswi Jurusan Broadcast Universitas Fajar ini aktif menulis sejak 2013 lalu.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close