Ini Komentar Dinas Tata Ruang Terkait Genangan Air

KabarMakassar.com — Beberapa titik wilayah di Kota Makassar tergenang air setelah diguyur hujan. Bahkan dijalan-jalan protokol seperti Perintis Kemerdekaan, Urip Sumoharjo, dan Gunung Bawakaraeng. Hal ini dianggap akibat dari buruknya saluran air yang ada di kota Makassar.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Karya dan Tata Ruang, Andi Darmawan Bintang menjelaskan penyebab banyaknya titik-titik yang tergenang air.

Baca juga :   Dinsos Makassar Raih Penghargaan Sinergitas Kota Layak Anak

“Beberapa titik tergenang air mungkin disebabkan oleh saluran yang kurang bersih, sehingga menyebabkan saluran agak tersumbat. Tapi pembuangan kami sudah sediakan. Setiap tahun kami selalu melakukan pengerukan sungai dan kanal-kanal. Sekarang, bagaimana air yang tergenang itu, bisa tersalurkan hingga ke kanal-kanal yang sudah disediakan,” katanya.

Andi Bintang pun menjelaskan tentang upaya yang dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air, Karya dan Tata Ruang dalam meminimalisir tampungan air yang ada dijalan-jalan.

Baca juga :   350 Anak Dhuafa di Sunnat Ramai-ramai

“Kita sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Jalan terkait hal ini. Kami berusaha backup hal ini. Diantaranya dengan membersihkan saluran dan penyediaan kanal-kanal sebagai penampungan atau pembuangan,” tutupnya. (*/enr)

Penulis Nur Marwah Yuwa