News

Ini Dia Ilmuwan Indonesia Pemecah Rumus Helmholtz

Ini Dia Ilmuwan Indonesia Pemecah Rumus Helmholtz

Kabar Makassar-- Yogi Ahmad Erlangga berhasil mengulang kesuksesan Ir. H. BJ. Habibie yang dulunya menemukan rumus yang mampu mempersingkat prediksi perambatan retak dan kini banyak digunakan oleh negara negara maju termasuk NASA di Amerika.

Yogi Ahmad Erlangga melalui riset Ph.D nya berhasil memecahkan rumus persamaan Helmholtz pada Desember 2005 lalu. Media Barat bahkan menyebutkan bahwa Yogi Ahmad Erlangga adalah seorang ilmuwan matematika yang memecahkan Persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik secara cepat (Robust).

Rumus Helmholtz merupakan rumus persamaan matematika yang sering dipakai untuk mencari titik lokasi minyak bumi. Rumus persamaan matematika ini sudah dikenal sejak satu abad silam dan sudah 30 tahun terakhir tidak ada yang berhasil memecahkannya.

Setelah Yogi Ahmad Erlangga, pria asal Tasikmalaya, Jawa Barat ini memecahkan persamaan rumus Helmholtz perusahaan minyak bisa 100 kali lebih cepat dalam melakukan pencarian minyak jika dibandingkan dengan beberapa waktu sebelumnya.

Melalui metode yang ditemukan oleh Yogi ini adalah untuk menginterpretasikan data pengukuran gelombang akustik yang bisa mempercepat pemrosesan data seismik untuk survei cadangan minyak bumi.

Selain itu, Persamaan Helmholtz yang dipecahkan oleh pria lulusan magister di Delft University of Technology (DUT), Belanda ini juga bisa menggambarkan berbagi jenis gelombang selain gelombang akustik seperti dalam kasus minyak bumi.

Penemuan Yogi juga bisa mengukur gelombang elektromagnetik untuk laser, penyimpan data pada Disd Blu-ray, hingga radar penerbangan.

Hasil temuan Yogi yang kini dimanfaatkan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk seluruh dunia ini kemudian disebut Erlangga Equation. Pada Thesis S3 yang disusun di Jurusan Matematika Delft University of Technology (DUT), terpilih sebagai thesis terbaik di Belanda oleh MNC.

Foto:Int.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close