Info Adanya Pasien Positif Corona di Makassar Dipastikan Hoax

Ilustrasi - INT

KabarMakassar.com — Kabar perihal adanya warga di Kota Makassar yang positif terjangkit Virus Corona, beredar di sejumlah whatsapp grup dan media sosial, hari ini, Senin (2/3).

Dalam tangkapan layar sebuah percakapan whatsapp yang diunggah salah satu netizen di akun facebook, seeorang wanita yang didepan namanya bertitel dokter (dr) kitu menyampaikan jika di Makassar ada salah seorang pasien di salah satu Rumah Sakit yang dinyatakan positif terjangkit Virus Corona.

“d makassar ada postof Corona di salah satu rumah sakit, keluar pake maske, kurang tempat umum,” tulisnya dalam sebuah percakapan yang tangkapan layarnya diunggah di media sosial dan ramai menjadi perbincangan warga Makassar.

Dikonfirmasi terkait kabar tersebut, Kepala Dinas kesehatan Provinsi Sulsel, Ichsan Mustari dengan tegas membantahnya. Ia memastikan informasi tersebut tidak benar alias hoax.

“Informasi yang beredar itu kita pastikan hoax,” tegas Ichsan, Senin (2/3).

Ichsan mengatakan, pihaknya akan menyampaikan informasi secara resmi jika memang ada warga yang terpapar Virus Corona atau dirawat di rumah sakit di wilayah Sulsel.

“Kalau memang ada, informasi resminya pasti kita sampaikan dan kita jelaskan,” ujarnya.

Olehnya itu, Ichsan mengimbau masyarakat Sulsel untuk tidak panik dan tidak mempercayai penyebaran informasi dari sumber yang akurat serta tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Ichsan menambahkan, di Sulsel RSUP Wahidin Sudirohusodo merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan untuk perawatan jika ada pasien di Sulsel yang terpapar Virus Corona.

“Kita setiap saat berkoordinasi dengan pihak rumah sakit. jika terdapat keadaan yang betul-betul pasti terkait penanganan pasien Corona, informasi akan disampakan secara resmi melalui lembaga pemerintahan secara terbuka,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin juga membantah kabar tersebut. Ia mengatakan, hingga saat ini Kota Makassar masih aman dari Virus Vorona.

“Saya sudah cek tadi pagi, belum ada laporan. Kita akan terus pantau dan berkomunikasi dengan intens dengan seluruh rumah sakit di Makassar,” kata Naisyah.

Meski begitu, Naisyah tetap mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di tempat keramaian dan tidak bepergian bila tak ada urusan penting.

“Lebih baik mencegah daripada mengobat. Jaga kesehatan, dan bila mengalami batuk biasa seharusnya jangan malu memakai masker,” ujarnya.

Reporter :

Editor :

Qyswanty

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI