Influencer Wajib Tahu, Instagram Larang Promosi Produk Ini

Instagram (Int)

KabarMakassar.com– Instagram kembali mengeluarkan koridor terbaru dengan tidak dmengizinkan untuk mempromosikan salah satu produk yakni rokok, nah, tentunya buat para influencer harus tahu ini.

Diketahui, aplikasi milik Facebook itu kini melarang pemasangan iklan produk tembakau dan senjata tajam. Kebijakan tersebut akan berlaku dalam beberapa minggu mendatang.

“Konten bermerek (influencer) yang mempromosikan barang-barang seperti rokok elektrik, produk tembakau, dan senjata tak akan diizinkan,” tulis Instagram dalam kirimnya yang dikutip dari VIVANews.com, Kamis (02/02/2020).

Pembaruan kebijakan itu diumumkan bersamaan dengan larangan dari lembaga British Advertising Standards Authority (ASA) terhadap promosi rokok elektrik di situs-situs media sosial.

Namun, juru bicara Instagram mengatakan itu tak berkaitan dengan larangan dari ASA. “Perusahaan tembakau telah menghabiskan waktu puluhan tahun dengan menargetkan anak-anak, perusahaan media sosial tak boleh terlibat dalam strategi ini,” begitu komentar dari Presiden Kampanye untuk Anak-Anak Bebas Tembakau, Matthew Myers.

Kebijakan yang membatasi jenis barang untuk mempromosikan konten bermerek ini baru pertama kali diterapkan oleh perusahaan media sosial ini

“Facebook dan Instagram bukan hanya perlu menerapkan itu dengan cepat, tapi juga harus ditegakkan,” Kata Matthew.

Sebelumnya, perusahaan-perusahaan rokok elektrik telah memasarkan produk mereka melalui selebriti seperti penyanyi Inggris, Lily Allen dan aktor pemenang Oscar, Rami Malek. Namun, kematian-kematian terkait rokok elektrik di Amerika Serikat membuat pemerintah semakin mengawasi penggunaan dan pemasaran jenis rokok itu.

“Meski Facebook dan Instagram melarang iklan reguler untuk produk tembakau dari akun merek secara langsung, perusahaan masih dapat mengubah kiriman influencer Instagram menjadi iklan konten dengan sponsor,” kata Reuters. Untuk itulah Instagram mengeluarkan kebijakan barunya.

Reporter :

Editor :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI