Imigrasi Parepare Hentikan Pembuatan Paspor ke Cina

Kegiatan Pencanangan Janji Kinerja dan Deklarasi WBK UPT se-Ajatappareng di Hotel Kenari Bukit Indah, Parepare

Kabarmakassar.com — Kantor Imigrasi Kelas II Parepare untuk sementara menghentikan pembuatan paspor dan visa untuk pemberangkatan ke China. Hal ini dilakuakn untuk mengantisipasi dan meminimalisir kemungkinan penyebaran virus corona masuk ke Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Parepare, Noer Putra Bahagia mengatakan, hal ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari Peraturan Menteri (Permen) Nomor 3 Tahun 2020 tentang penghentian sementara bebas visa kunjungan, visa, dan pemberhentian izin keadaan terpaksa bagi warga negara Republik Rakyat Tiongkok, China.

“Semua penerbangan ke China sekarang sudah ditutup. Kami hentikan pembuatan paspor untuk pemberangkatan ke China. Pemerintah China juga sudah menutup negaranya, tidak boleh masuk. Jadi kita menyesuaikan. Kementerian Perhubungan juga memberhentikan penerbangan ke China,” kata Putra, Kamis (6/2).

Putra menegaskan, pihaknya tak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas bagi WNA atau WNI yang nakal dan tidak mengindahkan larangan tersebut.

“Kami akan kontrol semua hotel, termasuk kami juga akan bersinergi dengan intelijen. Warga negara asing China kami awasi ketat,” ujarnya.

Sebelumnya, saat menghadiri kegiatan Pencanangan Janji Kinerja dan Deklarasi WBK UPT se-Ajatappareng di Hotel Kenari Bukit Indah, Parepare, Rabu (5/2), Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Priyadi mengatakan, penghentian sementara pembuatan paspor dan visa untuk pemberangkatan ke China ini merupakan bukti bahwa pemerintah sigap mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus corona masuk ke wilayah Indonesia.

”Kita mengikuti perintah dari pimpinan yang di pusat. Mengenai jangka waktu aturan bebas visa tersebut, berlaku hingga adanya kembali peraturan menteri yang baru dan membatalkan peraturan yang ditetapkan hari ini,” jelasnya.

Reporter :

Editor :

Ardiansyah

Andi Fitrayadi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI