News

Imbang di Kandang, PSM Merosot ke Peringkat 2 Klasemen Liga 1

Imbang di Kandang, PSM Merosot ke Peringkat 2 Klasemen Liga 1

Kabar Makassar -- Bermain di stadion Andi Mattalatta Mattoangin Makassar menjamu Barito Putra, PSM Makassar gagal merebut kemenangan dan hanya bermain imbang 1-1, Selasa 18 Juli 2017. Gol sematawayang PSM Makassar dibabak pertama dicetak oleh Ferdinan Sinaga pada menit ke- 32'. Gol tersebut diciptakan Ferdinan melalui umpan terobosan dari Marc Anthony Klok, hasil 1-0 sementara unggul untuk PSM dibabak pertama.

Masuk dibabak kedua asuhan Jacksen F Thiago sedikit mendapat tekanan, upaya Reinaldo, Ferdinan yang kerap merepotkan pertahanan tamunya Barito sulit terpecahkan. Jualbeli serangan terjadi dimenit 60'. Namun umpaya Coach Robert menjadikan Reinaldo elias Da Costa sebagai gelandang serang pun gagal. Bahkan juru taktik Barito Putra, Jacksen F Tiago merotasi lini tengah, ia memasukkan pemain David Laly dan alhasil pemain pengganti Paolo Oktovianus Sitanggang dimenit ke-64' tersebut merubah kedudukan menjadi seri 1-1.

David Laly mencetak gol dimenit ke-72' untuk menyamakan kedudukan. Skuat asuhan Robert pun berganti, Reinaldo ditarik keluar digantikan oleh Nurhidayat HH, namun pemain muda milik PSM Makassar tersebut sangat sulit lepas dari pengawalan para pemain belakang Barito Putra. Meski demikian Titus Bonai yang dimasukkan menggantikan Gozali Siregar pun tak bisa merubah keadaan.

Serangan demi serangan pun dibuat PSM dimenit-menit terakhir, namun tak mampu membendung pertahanan dari Barito Putra. Skor 1-1 membuat PSm Makassar merosot dari klasemen sementara Liga 1 Indonesia, pemuncak klasemen sementara kini dihuni oleh Madura United dengan poin sama PSM Makassar yakni 28 pada pekan ke-14.

Peran Gelandang Bertahan Marc Klok.

Pemain asal Belanda ini memiliki fisik yang baik, mobilitas pemain ditengah lapangan ini kerap membuat pemain lawan sulit untuk membendunganya. Meski tak diperkuat Wiljan Pluim, namun peran Klok sangat membantu Syamsul Chaeruddin dilini tengah.

Terlihat Klok dari awal babak pertama terkesan bekerja keras sendiri, suplay bola yang mengakibatkan gol dibabak pertama untuk PSM Makassar sukses ia umpan ke Ferdinan Sinaga. Pemain berpaspor Belanda ini memang layak menjadi man of the match di tim PSM Makassar. Pasalnya ia bisa berperan di beberapa lini baik tengah maupun lini pertahanan.

Alasan Pelatih Ditahan Imbang

PSM Makassar yang tak bermain dengan lima pemain intinya, membuat Coach Robert angkat bicara dan menjadikan alasan dari hasil imbang di laga kandang di pekan ke-15 ini. "Kita bermain bagus, dibabak-babak pertama dan akhir babak kedua. Hanya saja kita kehilangan lima pemain inti di laga ini"ujarnya.

Bahkan Robert mengatakan jika tim manapun jika tidak mempunyai lima pemain inti, sangat sulit mendapatkan hasil maksimal, sekalipun bermain dikandang sendiri. "Coba saja Barcelona, Manchester United jika dia tak punya pemain inti sebanyak liam orang. Pasti tak bermain maksimal"papar Robert.

Pelatih 62 tahun ini merincikan jika ada dua pemain berpengalaman dilini belakang tak main karena cedera dan terkena sanksi, tidak hanya itu gelandang serang dan bek kiri tak juga dimainkan. Alhasil permainan PSM dilaga kandang tidak begitu maksimal.

PSM Makassar dari data statistik pertandingan memiliki 16 total tembakan kearah gawang, 7 diantaranya mengarah kegawang. Sementara Barito Putra hanya memiliki 6 tembakan kegawang, dan 3 diantaranya mengarah kegawang.

Hasil imbang 1-1 dikandang dijadikan pelatih PSM sebagai bahan evaluasi untuk menghadapi tim-tim papan atas dalam laga berikutnya di tandang seperti Bali United, dan Madura United. "saya punya planning kedepan untuk bagaimana cara mendapatkan poin dilaga tandang nanti, ada dua tim yang harus kita dapatkan poin saat melawan Bali dan juga Madura United"kata Robert.

Berikut susunan Pemain PSM Makassar vs Barito Putra;

PSM Makassar, Pelatih Robert Rene Alberts
Formasi: 4-3-3

Kiper: SYAIFUL

Bek:
ARDAN ARAS
HENDRA WIJAYA
ZULKIFLI SYUKUR
WASYIAT HASBULLAH

Tengah:
MARC ANTHONY KLOK
SYAMSUL BACHRI HAERUDDIN
GHOZALI MUHARAM SIREGAR
M. RAHMAT

Depan:
FERDINAND ALFRED SINAGA
REINALDO ELIAS DA COSTA.

Pemain Pengganti: NURHIDAYAT HH, TITUS BONAI, MUHAMMAD ARFAN.

Barito Putra, Pelatih Jacksen F Tiago
Formasi: 4-2-2-2

Kiper: ADITYA HARLAN

Bek:
VALENTINO TELAUBUN
MUHAMMAD RIFQI
AARON MICHAEL EVANS
DANDI MAULANA ABDULHAK

Gelandang:
RIZKY RIZALDI PORA
FAJAR HANDIKA
PAULO OKTAVIANUS S
DOUGLAS RICARDO PACKER

Depan:
MATIAS JESUS CORDOBA
YONGKY ARIBOWO.

Fritz Wongkar

Journalist

Pewarta yang telah mengantongi sertifikat Jurnalis Muda dari Dewan Pers. Aktif menulis sejak 2011.

 

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close