iMaskot Resmi Diluncurkan di Makassar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabar Makassar —– Pemerintah Kota Makassar memperkenalkan aplikasi pemantau aset yang dikembangkan oleh Makassar Techno Park (MTP). Nama aplikasinya adalah iMaskot (Informasi Managemen Asset Kota). Aplikasi ini diperkenalkan kepada pengunjung pameran Sinergi Kota Kreatif di Hotel Gammara, Jumat, 8 September 2017.

Imaskot merupakan sebuah aplikasi yang bakal memuat seluruh informasi mengenai aset Kota Makassar. Aplikasi ini dibuat untuk mengamankan dan mentransparansikan aset ke khalayak. Mengingat pentingnya pengelolaan dan perencanaan aset di Makassar.

Ketua Makassar Techno Park (MTP), Jusman menjelaskan aplikasi ini dirancang untuk memberikan informasi kepada masyarakat soal status aset pemerintah secara terintegrasi. Setiap SKPD sudah bisa melakukan pendataan aset di instansi masing-masing.

“Dikelola secara terintegrasi maksudnya semua SKPD berkontribusi melaporkan asetnya dan tetap diproses oleh super admin yang ditunjuk untuk memverifikasi aset yang akan dipublikasi,” jelasnya.

Di aplikasi ini bisa dilaporkan profil, posisi dan status sebuah aset. Maupun gambaran kondisi aset setiap hari.

“Melalui google map misalnya, masyarakat bisa mengetahui posisi aset, misalnya taman dan aset lainnya. Bisa juga dilakukan evaluasi aset mengenai harga ataukah sudah tidak aktif lagi atau rusak. Masyarakat bisa mengakses dan melihat lebih transparan aset milik pemerintah,” jelasnya.

Hingga saat ini baru 22 buah aset Pemkot yang terdata di aplikasi tersebut. Jusman berharap, semua SKPD bisa bersinergi dan dapat berpartisipasi menginput asetnya masing-masing.

Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar, Denny Hidayat, mengungkapkan aplikasi ini sangat cocok dengan kondisi Makassar untuk mengamankan aset berupa Fasum-Fados yang rawan diserobot.

“Publik diajak mengontrol aset yang dimiliki pemerintah kota. Harus ada pengawasan dari publik untuk sama-sama mengawasi,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya masih mengupayakan agar aplikasi ini bisa berjalan maksimal. Dibutuhkan kerjasama semua SKPD melaporkan data aset atau berkontribusi melaporkan kondisi terkini tiap aset di instansi masing-masing.

“Masih perlu menyatukan persepsi semua pihak untuk pengelolaannya,” tambahnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.