HUT TNI ke-72 Tahun, Pangdam Agus SB Pimpin Ziarah ke TMP

Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti [Foto: Imran Alrief]

Kabar Makassar– Memperingati HUT TNI ke 72 tahun Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti, memimpin ziarah nasional ke Taman Makam Nasional (TMP) Panaikang, Kota Makassar, Jumat 29 September 2017.

Pangdam Agus SB didampingi oleh Danlantamal VI Makassar Laksma TNI Yusup, Kepala Staf Koopsau II Marsma TNI M Kahiril Lubis, Kasdam Hasanuddin Brigjen Pol Supartodi dan Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Mas Guntur Laupe.

Para prajurit TNI AD, TNI AU, TNI AL dan Polri serta aparatur sipil negara (ASN) turut hadir dalam ziarah nasional di TMP Panaikang.

Baca juga :   Aksi Kamisan Makassar, Aktifis Anak Orasi Dalam Bentuk Puisi

Pangdam Agus SB mengatakan, ziarah nasional ke TMP ini dinilai sebagai puncak HUT TNI. Mengenang jasa pahlawan dalam mengawal kemerdekaan RI harus dikedepankan oleh warga negara Indonesia.

“Mengenang jasa pahlawan ini merupakan sebuah momentum yang sangat penting bagi kita, generasi muda,” kata Pangdam Agus SB.

Agus SB mengungkapkan kemerdekaan RI bukan hadiah dari penjajajah. Namun direbut lewat perjuangan gigih dengan mengorbankan jiwa raga maupun harta.

“Kegiatan ini merupakan Puncak ultah TNI bukan di upacaranya karena upacara itu bisa dibuat tapi mengenang jasa pahlawan ini merupakan sebuah momentum yang sangat penting bagi kita generasi muda dimana kemerdekaan Indonesia bukan merupakan hadiah dari penjajah tapi direbut oleh pendahulu mengorbankan jiwa raga harta semua diwakili di makam pahlawan ini jadi kita datang mengenang kembali perjuangan mereka kalau kita bisa seperti ini karena perjungan mereka,” jelas Agus SB disela sela ziarah.

Baca juga :   KGI Sebagai Pusat Informasi Lokal Merambah ke Ibukota

Lebih jauh Agus SB mengatakan, masyarakat Indonesia dapat menikmati kemerdekaan Indonesia, karena jasa para pahlawan.

“Kepada masyarakat sama mari hormati pahlawan meskipun caranya berbeda antara tni dan masyarakat jangan lupakan sejarah karena terpatri dilakukan pendahulu kita bisa aman dan damami seperti sekarang karena pahlawan,” tuturnya

Pada ziarah nasional itu, Pangdam Agus secara bersama-sama menabur bunga di makam pahlawan dari Sulsel, dan pahlawan Sulawesi.

Baca juga :   HUT 348 Sulsel, Kodam Hasanuddin Juara Karnaval Kendaraan Hias

Setelah itu, Pangdam Agus menyambangi makam Jenderal (Purn) TNI Yusuf yang berada di samping TMP Panaikang.

[divider sc_id=”sc816759538975″]divider-3[/divider]

[team layout=”4″ staff=”2349″ sc_id=”sc456383965524″]