Hujan Deras, SYL Tetap Pimpin Upacara Bela Negara

KabarMakassar.com— Gubernur Provinsi Suawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo memimpin upacara bela negara yang dirangkaikan dengan Pengukuhan Tiga Pilar Banhdes Matra. Upacara dilaksanakan di Halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis, 21 Desember 2017.

Upacara tetap dilaksanakan meski hujan deras yang mengguyur wilayah Makassar dan sekitarnya, sehingga basah kuyup pun tak terhindarkan untuk seluruh peserta upacara.

Sebelumnya, posisi Gubernur sebagai pemimpin upacara terlindungi dari hujan. Namun sebagai bentuk empati kepada peserta upacara, saat memberikan sambutan, Syahrul maju beberapa langkah sehingga tidak ada lagi pelindung dari hujan.

Baca juga :   Foto : Tim Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel Geledah BLHD Kota Makassar

“Hujan tidak boleh menghalangi kita untuk melaksanakan agenda penting ini,” ungkap Syahrul.

Pada kesempatan itu, Syahrul menyampaikan sambutan seragam dari Presiden Joko Widodo.

Menurutnya aksi bela negara tidak hanya dilakukan dengan mengangkat senjata. Banyak contoh aktualisasi bela negara yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Para guru dan bidan yang serta tenaga kesehatan lainnya yang bertugas di pelosok terpencil dan wilayah perbatasan seluruh tanah air misalnya, menjadi contoh konkrit aksi bela negara.

Upaya mencegah aksi pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia juga masuk dalam aksi bela negara. Termasuk kerja keras bersama dalam mewujudkan kedaulatan pangan untuk melawan ancaman kemiskinan dan keterbelakangan. Juga mencegah terjadinya perdagangan manusia.

Baca juga :   Dubes Inggris Tercengang Buka Puasa Bersama 5.000 Anak Panti Asuhan

“Salah satu yang paling penting saat ini adalah upaya mencegah dan menangkal korupsi, pungli, dan semacamnya, ” ungkap Syahrul.

Untuk generasi muda, aksi bela negara bisa dilakukan dengan berprestasi secara akademik maupun non akademik. Melawan dan menghindari narkoba menjadi salah satu momok yang bisa merusak generasi muda.

“Kesadaran bela negara merupakan hal yang urgent. Bisa dilakukan di berbagai sendi kehidupan. Jadi mari kita lakukan bersama, ” tegasnya.

Baca juga :   Ibe': Siapapun Sekdanya, Jangan Mudah Terprovokasi

Upacara Bela Negara ini diikut berbagai pihak. Mulai forkopimda lingkup Sulsel, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, kepala OPD lingkup Pemprov Sulsel, aparat TNI-Polri, Satpol PP, Aparatur Sipil Negara (ASN), Korpri, Pramuka, dan siswa SMA/SMK.(*/sng)

Penulis Nur Marwah Yuwa