Hidup Sebatang Kara, Kakek 87 Tahun Ini Butuh Bantuan Pemerintah

KabarMakassar.com– Takkoi atau akrab di sapa Takko (87) warga Lingkungan Durian, Kelurahan Tanuntung, Kecamatan Herlang, Bulukumba hidup sebatang kara di rumah kecil yang berukuran 3×3 meter.

Untuk bisa bertahan hidup, Kakek Takko sehari-hari hanya bekerja dengan mengumpulkan buah kelapa di kebun milik salah satu warga yakni Saleng (82).

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Kakek Takko sebenarnya memiliki dua orang anak. Tapi kedua anaknya itu kini menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dan tidak pernah lagi kembali untuk menjenguk sang ayah.

Kakek Takko awalnya tinggal pada sebuah tenda di tengah kebun milik warga. Kemudian dipanggil oleh Saleng untuk tinggal dirumahnya. Tetapi Kakek Takko menolaknya dengan alasan tidak mau merepotkan Salen dan keluarganya.

“Saya panggil ki awalnya tinggal di rumah karena kasian daripada dia tinggal di kebun yang dimana kalau hujan biasa kebasahan, tapi tidak mau ki jadi ada rumah-rumah kecil dekat rumah bekas tempat usaha kelapa sawit, itumi na tempati sekarang,” kata Saleng, Selasa (12/5).

Saleng berharap agar pemerintah bisa memperhatikan dan bisa memberikan bantuan kepada masyarakat miskin di Kelurhan Tanuntung, khususnya untuk Kakek Takko yang telah hidup bertahun-tahun di sebuah gubuk kecil.

“Kalau bukan orang-orang yang di sekitarnya mau perhatikan dan beri bantuan siapa lagi, jadi kami cuman berharap agar kiranya pemerintah bisa memperhatikan rakyat kecil yang di pelosok seperti Takko,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu anggota Komunitas Pemuda Sipakatau Pataro Gunturu, Aidil Akbar mengaku pernah berkunjung dan memberikan bantuan bahan pokok kepada Kakek Takko.

“Walaupun jumlahnya tidak seberapa, kami berharap bantuan itu bisa sedikit meringankan beban sehari-hari, khususnya di bulan suci ramadan ini,” kata Aidil Akbar.

Reporter :

Editor :

Nur Alim

Sofyan Basri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI