News

Helloween dan Labu Menyeramkan

Helloween dan Labu Menyeramkan

Kabar Makassar-- Apa itu Helloween ? Kenapa harus selalu ada labu kuning besar yang menyeramkan setiap perayaan Helloween ?

Perayaan Helloween diperingati setiap tanggal 31 Oktober. Festival ini dirayakan diberbagai belahan dunia terutama di Amerika Serikat. Perayaan helloween sudah menjadi tradisi dan dirayakan dengan kostum yang menyeramkan.

Lalu bagaimana asal mula perayaan helloween ? apa arti dari perayaan Helloween ?

Helloween adalah sebuah perayaan dari bangsa Celtic, yang merupakan nenek moyang bangsa Eropa. Festival Helloween ini diawali dari festival 'SAMHAIN'. Sanhain berasal dari bahasa Irlandia kuno yang berarti akhir musim panas.

Bangsa Celtic percaya bahwa akhir Oktober merupakan hari dimana pembatas antara dunia manusia dan dunia orang mati terbuka.

Dalam kepercayaan mereka, pada tanggal 31 Oktober, orang yang sudah mati akan masuk kedunia manusia untuk menyebarkan penyakit dan juga merusak tanaman yang akan dipanen oleh manusia.

Untuk menghindari hal tersebut, para bangsa Celtic menggunakan topeng menyeramkan agar terlihat seperti roh jahat, sehingga bisa berdamai dengan roh jahat dari dunia orang mati.

Salah satu simbol Helloween adalah labu yang dibentuk dengan wajah yang menyeramkan dan biasa disebut dengan Jack O' Lantern.

Jack adalah seorang petani yang cerdas namun malas, Jack berhasil menipu setan dengan salib sehingga setan berjanji untuk tidak memasukkan Jack ke neraka. Ketika Jack meninggal, Jack tidak boleh masuk surga karena telah banyak berbuat dosa.

Tapi ia juga tidak masuk ke neraka karena setan tidak menyukainya. Jack kemudian membuat lentera dari lobak besar lalu mengisinya dengan bara api dari neraka.

Labu tersebut digunakan oleh Jack sebagai penerang. Berkat lentera labu tersebut, ia bisa melihat jalan pulang ke dunia manusia.

Budaya Jack O' Lattren dalam perayaan Helloween ini berasal dari Amerika Utara yang memang merupakan daerah penghasil labu.

Perayaan Helloween tak seperti yang kebanyakan orang kira. Perayaan ini bukanlah perayaan setan atau iblis.

Hellowen adalah pertanda berakhirnya musim tanam dan menyambut datangnya musim dingin sebagai tradisi rakyat.

Karena Orang Eropa suka berkelana, maka dari itu perayaan Helloween menyebar di berbagai negara seperti Amerika, Australia, bahkan saat ini hampir seluruh belah dunia merayakannya.(Dilansir dari Jevuska)

Arini Wulandari

Journalist

Aktifis mahasiswi ini mulai aktif menulis sejak 2014 lalu. Kemampuan komunikasi personalnya di ekspresikan dalam bentuk karya jurnalistik.

 

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: