Kabar Makassar

Korban Kapal Tenggelam Masih Simpang Siur

Peliput Ardiansyah

  • Penulis : Hendra N. Arthur
  • Terbit : 13.06.2018 - 16:13
  • Sekitar : 1 pekan, 3 hari lalu
Korban Kapal Tenggelam Masih Simpang Siur
Evakuasi penumpang kapal karam yang terjadi di wilayah perairan Makassar sekitar dua mil dari Pulau Barrang Lompo menuju Pelabuhan Paotere Makassar, Rabu 13/6/2018. [Foto: Humas Polda Sulsel]

KabarIndonesia.id, Makassar --- Badan SAR Nasional (Basarnas) Sulawesi Selatan masih sulit mendata jumlah penumpang kapal karam yang terjadi di wilayah perairan Makassar yang berangkat dari Pelabuhan Paotere menuju ke Pulau Barrang Lompo, Rabu 13 Juni 2018.

"Kami masih melakukan evakuasi penumpang kapal. Data penumpang kapal belum jelas. Ada yang bilag 50 orang, ada yang 30 orang," keluh Humas Basarnas Hamsidar saat dihubungi redaksi KabarMakassar.com hari ini.  

Musibah yang terjadi dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri ini diakui Hamsidar agak sulit di deteksi karena rata-rata kapal kayu yang beroperasi di Pelabuhan Paotere Makassar tidak memiliki data manifest penumpang yang terdaftar.

Sebelumnya Kapolres Pelabuhan, AKBP Aris Bachtiar bersama personil bergerak cepat turun ke lokasi kejadian.

Bersama Personil Dit Polairud, Sat Polairud Polres Pelabuhan Makassar, Kapal BKO Baharkam Polri dan Basarnas sementara melakukan Evakuasi terhadap korban. Adapun korban yang sudah berhasil dievakusi sementara ditangani oleh tim medis di Posko Ops Ketupat 2018 Pelabuhan Paotere Makassar.

AKBP Aris langsung memerintahkan, tim SAR Satpolai Polres Pelabuhan dipimpin KBO Polair, Ipda Samijan bergabung dengan Basarnas untuk turun ke TKP melakukan evakuasi. 

Mobil Kapolres Pelabuhan bahkan digunakan untuk mengevakuasi korban ke rumah sakit.

Perwira Polres Pelabuhan, Ipda Asfada membenarkan musibah kapal karam tersebut.

Menurut Asfada, sampai saat ini, Kapolres Pelabuhan masih siaga penuh di Pelabuhan Paotere dan memimpin langsung jalannya evakuasi. (*)