Kabar Makassar

UNBK SMA Sulsel Siap, Tingkat SMK Belum 100 Persen

UNBK Sulsel

  • Penulis : Fritz Wongkar
  • Terbit : 21.03.2018 - 12:03
  • Sekitar : Terbit 21/3/18
UNBK SMA Sulsel Siap, Tingkat SMK Belum 100 Persen
[Foto: Detik/Int]

KabarMakassar.com -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI merilis peningkatan keikutsertaan peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di seluruh wilayah Indonesia. Untuk diketahui jika Provinsi Sulawesi Selatan masuk dalam 16 provinsi yang menyatakan siap mengikuti UNBK tingkat SMA. Namun untuk tingkat SMK tidak nampak provinsi Sulsel masuk dari 17 provinsi di Indonesia yang dinyatakan siap 100 persen.

Kemedikbud RI merilis jika ada 16 Provinsi di Indonesi yang siap menggelar UNBK tingkat SMA yakni Aceh, Banten, Bangka Belitung, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Sementara untuk tingkat SMK yang sebelumnya disebutkan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel siap 100 persen, ternyata tidak tertera dalam rilis dari Kemendikbud RI. Berikut 17 provinsi di Indonesia yang menyatakan siap UNBK tingkat SMK yakni Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tengah.

Hal tersebut dibantah Humas Dinas Pendidikan Sulsel, Ibrahim Halim saat dikonfirmasi via selularnya, Rabu 21 Maret 2018. Ia mengatak jika sudah tahun lalu tingkat SMK di Sulsel 100 persen siap UNBK. "Yang baru 100 persen kemarin itu tingkat SMA, tapi kalau SMK sejak tahun lalu kita sudah siap. Jelasnya SMK di Sulsel siap 100 persen"kata Ibrahim saat dikonfirmasi.

Ibrahim menambahkan jika Disdik Sulsel sebelumnya sudah melakukan simulasi dibeberapa daerah untuk UNBK. "Kita bahkan simulasi sudah selesai, UPT yang ada didaerah juga sudah melaporkan bahwa Sulsel siap 100 persen"terang Ibe sapaan akrab Humas Disdik Sulsel.

Namun demikian Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi di Kemendikbud RI mengatakan jika tahun 2018 ini mengalami peningkatan yang signifikan. Jumlah keikutsertaan peserta UNBK mencapai 6.293.552 dari total 8,1 juta peserta. Artinya ada sekitar 78% peserta yang mengikuti UNBK 2018 di Indonesia.

"Sebanyak 78% peserta didik siap mengikuti UNBK. Jumlah peserta UNBK tahun ini meningkat siginfikan dari penyelenggaraan tahun lalu,"kata bambang.

Jika dibandingkan dengan tahun 2017 lalu, jumlah peserta UNBK tahun ini meningkat sebanyak 166% dari jumlah sebanyak 3,7 juta peserta. Jika dipersentase, jumlah peserta UNBK pada tahun lalu adalah sebanyak 49%.

Ujian Nasional (UN) akan diadakan mulai dari jenjang SMK pada 2 hingga 5 April 2018. Kemudian disusul pada tanggal 9 hingga 12 April 2018, untuk jenjang SMA atau Madrasah Aliyah (MA). Peserta didik yang tak dapat mengikuti di UN di kedua jenjang tersebut bisa mengikuti UN susulan pada 17 dan 18 April 2018.