Hasil Sidak Dinkes Kota Makassar di Apotik

Hasil Sidak Dinkes Kota Makassar di Apotik

Hasil Sidak Dinkes Kota Makassar di Apotik

Kabar Makassar -- Kepala Dinas Kesehatan kota Makassar kali ini memperlihatkan keseriusannya dalam menindaki toko obat dan apotik yang menjual obat daftar G tanpa resep.

Pihak dinas Kesehatan Kota Makassar bersama, BPOM, Kepala Ikatan Apoteker Indonesia, PTSP (Pelayanan Terpadu satu Pintu), dan kepolisian melakukan Investigasi dadakan ke salahsatu apotik yang ada di jalan Gunung Salahutu, Kota Makassar. Selasa, 10 Oktober 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr. Naisyah Azikin dengan tegas mengatakan jika ada tiga kali teguran yang diberikan secara berturut-turut jika masih ada apotik yang melayani pembeli obat tanpa resep dokter.

"Kita sudah keluarkan teguran keras tiga kali berturut-turut, dampak dari teguran ketiga ini, sehingga kita datang lagi hari ini untuk mau mengecek apakah terjadi perbaikan atau tidak dan ternyata semakin parah. Aturanya apotik harus ada apoteker utama dan apoteker pendamping. Jika apoteker tidak ada maka apotik tidak boleh melayani resep obat dalam artian tidak boleh menjual obat" tuturnya

Di tempat yang sama dari hasil Investigasi dadakan yang dilakukan yaitu ditemukannya obat daftar G tanpa resep, ditemukan Obat-obatan yg kadaluarsa, ditemukan adanya obat-obat yang dibuat dalam bentuk paket dengan kemasan yang dilepas, kemudian sampai saat ini tenaga yang dipekerjakan bukan apoteker penanggung jawab tapi asisten atau tenaga teknis kefarmasian yang belum bisa memperlihatkan izin kerjanya.

Dari hasil temuan tersebut dengan tegas pihak PTSP (Pelayanan Terpadu satu Pintu) bidang izin klinik dan apotik bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar akan sigap mencabut izin apotek tersebut dan tinggal menunggu surat rekomendasi dari dinas kesehatan ke PTSP.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close