Hari Ini, Ratusan Buruh di Indonesia Berdemo di Pelabuhan

KabarMakassar.com — Unit Kerja Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia yang berada dibawah naungan TKBM Pelabuhan Makassar akan melakukan aksi mogok nasional di sejumlah pelabuhan utama di Indonesia terkait penolakan revisi tersebut.

Rencana Pemerintah menandatangani revisi Surat Keputusan Bersama dua Dirjen satu Deputi Tahun 2011 Tentang Penataan Koperasi TKBM di Pelabuhan dan revisi Keputusan Menteri Perhubungan No. 35 Tahun 2007 dianggap merugikan para pekerja yang tergabung dalam Tenaga Kerja Bongkar Muat atau TKBM.

Baca juga :   Tabung Gas Bocor, Tiga Orang Terluka

Rencananya aksi ini akan dilakukan serentak seluruh pelabuhan di Indonesia pada Senin, 4 Desember 2017 mulai pukul 08.00 Wita sampai dengan 16.00 Wita.

Hal ini disampaikan secara resmi Ketua Unit Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia TKBM Makassar, Syarifuddin Anto melalui surat pemberitahuan ke organisasi jasa kepelabuhanan di Makassar.

Surat pemberitahuan yang ditujukan ke DPW PPBMI Sulawesi Selatan, DPC INSA Makassar, DPW ALFI/ILFA Sulselbar dan Ketua Lintas Asosiasi Pelabuhan Makassar dengan Nomor. B.036/PUK-FSPTI/TKBM/XI-2017 tertanggal 30 November 2017.

Baca juga :   Makassar Catat 1.175 Kasus Diskriminasi Anak

Dalam surat itu, mereka meminta agar pengusaha di pelabuhan Makassar tidak melakukan penggantian pekerja atau buruh selama aksi mogok berlangsung. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Tenaga Kerja.

Sementara itu hingga berita ini di turunkan, puluhan buruh hari ini sudah terlihat di depan pintu gerbang Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. (*/sng)