Harbolnas 2017, Ini Tips Belanja Online Cerdas

Ilustrasi (Foto: Nepalbuzz.com)

KabarMakassar.com — Menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh tepat hari ini, 12 Desember 2017. Keterlibatan pelaku dalam bidang online shop turut meningkat.

Tahun ini, Harbolnas memulai inisiasi untuk menjangkau para UMKM di Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam acara e-commerce terbesar di Indonesia pada tanggal 12 Desember 2017.

Dengan tagline #BelanjaOnlineBersama, panitia penyelenggara ingin mendorong meningkatnya aktifitas bisnis melalui dunia maya ini. Tim redaksi KabarMakassar.Com memiliki beberapa tips untuk membantu konsumen online shop dalam melakukan aktifitas perbelanjaan online. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Cerdas akan Produk
    konsumen cerdas iyalah konsumen yang membaca dan memahami deskripsi produk dengan baik dan teliti. pentingnya mengetahui deskripsi produk ini berguna untuk memastikan sesuainya harapan dengan produk yang dibeli. cara mengetahui deskripsi produk yang baik adalah memastikan bahwa informasi yang tersedia bersifat lengkap. contoh dalam pembelian telfon genggam, pastikan informasi terkait sangat lengkap seperti kualitas kamera hingga layar dan apakah di kota anda terdapat toko resmi guna mencegah jika terjadi kerusakan saat pemakaian.
  2. Sadar akan Diskon
    Menyambut Harbolnas 2017, dikutip dari CNNIndonesia.Com. Ketua Panitia Harbolnas 2017, Achmad Alkatiri memberikan tips agar pemburu diskon tak menjadi korban promo belaka. Achmad mengatakan bahwa ada waktu terbaik untuk berburu diskon yaitu saat tengah malam. Sadar akan diskon merupakan salah satu strategi konsumen terkait meminimalisir pengeluaran dengan membandingkan harga yang tersedia di pasaran, keuntungan yang diperoleh dari diskon hingga pemetaan waktu munculnya diskon-diskon dalam belanja online.
  3. Tegas akan Keamanan
    Berhati-hatilah terhadap maraknya akun online shop palsu dan metode pembayaran yang beresiko. Dalam mengetahui akun online shop yang palsu, dapat diidentifikasi melalui reputasi website ataupun aplikasi online shop. semakin tinggi reputasinya, semakin aman tempat berbelanja yang disediakan. dan untuk mengetahui metode pembayaran yang beresiko, pastikan anda tidak pernah memberikan password akun anda serta memastikan aktor yang terlibat dalam transaksi merupakan aktor resmi seperti penggunaan jasa antar barang yang telah terkenal akan reputasinya hingga metode pembayaran hanya melalui bank-bank yang resmi.
  4. Jujur akan Kebutuhan
    Diskon merupakan hal yang menyenangkan, selain membantu konsumen mendapatkan barang yang lebih murah, diskon juga dapat membantu konsumen dalam melihat kebutuhan lain yang dapat dibeli akibat pengeluaran yang tidak besar. Namun dalam melihat diskon, diharapkan konsumen sadar akan kebutuhan, dalam beberapa hal, membeli barang yang mendapatkan diskon dapat bersifat tidak penting dan mendesak untuk dibeli. untuk mengetahui apakah barang ini memang layak dibeli, hal yang kami usulkan adalah tanyakan kepada diri anda sendiri. apakah ini sebuah kebutuhan atau hanya sekedar keinginan semata.(*/)
Baca juga :   Pertama di Indonesia, Cabin Campus Canteen UMI

Penulis: Muhammad Fajar Nur