Hampir Seminggu “Menghilang”, Ini Alasan Nurdin Abdullah

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat mengunjungi RSUD Sayang Rakyat, Jumat (27/3) pagi. (IST)

KabarMakassar.com — Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah akhirnya buka suara soal sikapnya yang kurang lebih seminggu terakhir “menghilang”, tak pernah turun langsung ke lapangan dan hanya berdiam diri di rumah pribadinya di Makassar.

Nurdin mengaku, hal itu sengaja dilakukannya sambil menunggu hasil tes yang bisa memastikan bahwa dirinya terpapar Virus Corona (Covid-19) atau tidak.

“Makanya saya beberapa hari ini mengurung diri. Nanti setelah ada hasil baru saya bisa (kembali turun ke lapangan),” kata Nurdin disela kunjungannya meninjau RSUD Sayang Rakyat, Jumat (27/3).

Nurdin mengungkapkan, Kamis (26/3) kemarin, dirinya telah melakukan rapd test Covid-19. Hasilnya, menunjukkan bahwa ia negatif.

“Saya kemarin itu rapid test untuk meyakinkan kalian (jurnalis) bahwa dekat sama saya tidak apa-apa. Karena itu penting. Jangan sampai saya positif sementara saya keliling kemana-mana,” ungkapnya

Nurdin menjelaskan, rapid test Covid-19 itu hanya diperuntukkan bagi orang-orang tertentu saja, seperti paramedis, dokter, dan orang-orang yang memang sudah memiliki gejala terjangkit Covid-19.

“Kalau tidak ada gejala, ngapain. Buang-buang peluru,” ucapnya.

Menurut Nurdin, meningkatnya jumlah pasien positif Covid-19 di Sulsel adalah hal yang wajar mengingat jumlah penduduk Sulsel juga memang cukup banyak.

“Yang justru kita bingung itu kalau cuma dua orang (pasien positif Covid-19). Dengan kenaikan (jumlah pasien positif) ini membuat kita bisa lebih memetakan dan bisa melokalisir. Ini barang ini sudah mulai dilokalisir dan kita sudah melakukan tracing. Kita sudah telusuri siapa kontak siapa,” ujarnya

Lebih jauh Nurdin mengatakan, 80 persen kasus Covid-19 di Sulsel berasal dari luar (imported case).

“80 persen virus corona (Covid-19) di Sulsel ini dari luar. Yang pertama dari umrah, yang kedua masyarakat kita dari luar yang kembali ke daerah. Hanya 19 persen dari local transmission. Ini sudah kita tangani dengan baik. Kita sudah lakukan tracing dan kita sudah lokalisir semua,” pungkasnya.

Reporter :

Editor :

Firdaus

-

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI