Gubernur Minta Pemkab Bulukumba Tidak Tolerir Buka Masjid untuk Shalat Tarawih

KabarMakassar.com — Gubernur Sulel, Nurdin Abdullah melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dalam rangka pemantauan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bulukumba. Mantan bupati Bantaeng itu langsung meninjau Posko Gugus Tugas Kabupaten di PSC Kota Bulukumba, Kamis (23/4).

Dalam arahannya, Nurdin Abdullah mengatakan jika Covid-19 sudah menjadi permasalahan di dunia dan merupakan kejadian pertama seumur hidup kita sehingga tidak ada yang punya pengalaman dalam menangani Covid-19.

“Jadi tugas kita sekarang adalah mencurahkan perhatian dan tenaga kita secara bersama-sama agar dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 ini,” kata Nurdin.

Ia juga mengapresiasi daerah yang telah menjaga wilayahnya masing-masing dari penyebaran Covid-19. Karena, kata dia, yang berbahaya adalah carier atau pembawa Covid-19 serta lokal transmisi dari anggota keluarga.

“Saya kira Bulukumba sudah melakukan langkah-langkah yang harus diambil, namun kita tetap waspada karena daerah ini terus kedatangan pemudik. Walaupun sudah dilarang tapi ini sudah menjadi tradisi. Karenanya kita tegas saja dan minta mereka wajib isolasi diri di rumah selama 14 hari dengan pengawasan yang ketat,” jelasnya.

Gubernur mengingatkan bahwa pemerintah pusat melalui Kementerian Agama sudah memutuskan pelaksanaan shalat tarwih dilaksanakan di rumah masing-masing. “Jadi tidak ditolerir masyarakat membuka masjid untuk melakukan shalat tarawih, jadi tidak boleh,” tegasnya.

Untuk itu, kata dia, pihak terkait agar tegas karena beberapa pihak ada yang minta dispensasi jika di wilayahnya tidak ada kasus Covid-19. Ia menilai hal itu sangat rawan karena kalau sudah ada kasus maka penyebarannya sangat cepat dan berbahaya.

“Mohon ini menjadi perhatian, oleh karena hanya disiplin yang tinggi yang dapat memutus rantai Covid-19 ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, Gubernur juga menyerahkan bantuan kepada Gugus Tugas Covid Bulukumba berupa APD lengkap 5 unit, APD 20 unit, thermometer 5 unit, masker 5 box, sarung tangan 1 dos, hand sanitizer 30 botol, face shield 10 unit dan alcohol swab 1 dos.

Reporter :

Editor :

Fitriani

Sofyan Basri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI