News

Gaya hidup Sehat dengan Berolahraga

Gaya hidup Sehat dengan Berolahraga

Kabar Makassar --- Dengan hidup sehat kita akan nyaman dan tentram dalam menjalani kehidupan. Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari aspek makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Bukan cuman itu dalam sebuah rutinitas olahraga yang tentu akan menjaga kondisi kesehatan dan juga akan menghindarkan dari segala hal yang bisa jadi penyebab penyakit bagi tubuh kita.

Olahraga adalah bagian dari gaya hidup sehat yang sudah tak asing lagi di masyarakat. Anda tidak perlu mengeluarkan seluruh kekuatan dan frekuensi yang tinggi dalam melakukan gerakan. Anda juga tidak perlu berpikir berapa banyak jenis olahraga apa yang dilakukan, ataupun butuh banyak biaya. Penting bagi kita menanamkan arti pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Olahraga dapat Anda lakukan dimana saja, jalan kaki atau lari mengelilingi komplek setiap pagi juga sudah termasuk olahraga. Yang terpenting adalah melakukan olahraga sebagai kegiatan rutin setiap hari dengan meluangkan waktu walau kurang dari 30 menit untuk menggerakkan badan Anda agar kita dapat mengambil manfaatnya.

Berikut ini adalah manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
Melakukan olahraga secara rutin dan teratur dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga jika daya tahan tubuh kita bagus maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

2. Meningkatkan kemampuan otak.
Manfaat olahraga secara teratur setiap hari dapat meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh sehingga sirkulasi darah dalam tubuh terutama aliran darah ke otak juga akan lancar sehingga otak bekerja lebih baik lagi.

3. Membakar lemak.
Olahraga merupakan kegiatan yang sudah terbukti dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga sangat disarankan bagi Anda yang ingin melangsingkan tubuh untuk melakukan olahraga secara teratur setiap hari.

4. Mengurangi stres.
Olahraga berfungsi untuk meregangkan otot-otot tubuh sehingga membuat tubuh dan otak menjadi segar setiap saat. Dengan tubuh dan otak yang segar maka akan menjadikan Anda terhindar dari stres yang mungkin dapat dialami kapanpun juga.

5. Mengatasi penuaan dini.
Usia yang semakin hari semakin bertambah akan menyebabkan suatu perubahan pada tubuh seperti kulit keriput atau disebut juga dengan penuaan. Untuk menghindari penuaan dini Anda dapat melakukan olahraga secara teratur sehingga produktivitas sel-sel baru pada kulit akan terangsang dan kulit akan tampak lebih kencang bebas kerutan.

6. Meningkatkan energi tubuh.
Orang yang secara rutin melakukan olahraga akan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah lemas saat melakukan suatu pekerjaan berat. Sedangkan orang yang tidak pernah melakukan olahraga maka tubuhnya akan cepat lelah saat sedang melakukan pekerjaan berat.

Jadi mulailah dari sekarang meluangkan sedikit waktu Anda untuk melakukan olahraga demi kesehatan tubuh Anda. Jika kesehatan tubuh Anda terjaga maka setiap pekerjaan yang Anda kerjakan juga akan berjalan dengan lancar.

Selain dengan olahraga Anda juga dapat menjaga kesehatan tubuh dengan minum air putih yang cukup yang bermanfaat menjaga dayan tahan tubuh dari dalam. Ayo tingkatkan gaya hidup sehat anda dengan berolahraga secara teratur.

Penulis: Novi
Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close