News

Fakta Tentang Bahaya Narkoba

Fakta Tentang Bahaya Narkoba

Kabar Makassar-- Ada banyak fakta tentang narkoba yang belum diketahui oleh masyarakat. Agar dapat mencegah dan meminimalisir peredaran dan penyalahgunaan narkoba maka harus diketahui fakta fakta penting tentang narkoba.

Kejahatan narkoba sifatnya lintas negara, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi sehingga dalam operasinya sangat mudah dengan berbagi macam modus.

Jalur laut menjadai jalur favorit bagi masuknya narkoba ke Indonesia. Terdapat sekira 200 pintu masuk narkoba ke Indonesia dan 80 persen diantaranya atau setara dengan 160 pintu masuk beraa diperairan Indonesia.

Indonesia menjadi surga bagi sindikat jaringan narkoba karena dianggap santa potensial. Jumlah pengguna narkoba di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 4 juta orang belum lagi yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri.

Penjara tidak akan menyembuhkan para pengguna narkoba, faktor ini disebebkan karena pengguna lama tak juga sembuh sedangkan pengguna baru semakin bertambah. Trend ini menjadikan pusat rehabilitasi sebagai muara bagi para pengguna narkoba.

Penggunan narkoba sebagian besar telah mulai mengkonsumsi narkoba sejak usia anak anak, bahkan kerena kemudahan dalam memperoleh narkoba saat inio narkoba juga telah masuk pada anak usia sekolah.

Terdapat tiga jenis narkoba diantaranya: Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif

Ada beberapah alasan yang sering menyebabkan orang menggunakan narkoba seprtirasa penasaran yang tinggi, diajak oleh teman untuk mencoba, sebagai pelarian dari masalah yang dihadapi, kondisi keluarga yang tidak harmonis, dan jaringan pemasaran yang kuat.

Narkoba bekerja dengan mempengaruhi susunan syaraf, ketika narkoba masuk kedalam tubuh makan syaraf akan membuat tubuh tidak merasakn apa apa. Narkotika mempunyai bebrapa pengaruh ketika sudah masuk kekdalam tubuh, pengaruh diantaranya adalah untuk menghilangkan rasa sakit, memberi rasa semangat, mengakibatkan halusinasi juga menimbulkan khayalan khayalamn. Itulah sebabnya narkotika seringkali digunakan ketika pembiusan dalam dunia medis.

Pengguna morfin akan mengalami ketergantungan yang tinggi dibanding penggunan jenis narkoba lainnya. Morfin merupakan candu yang diolah secara kimia. Biasanya morfin berbentuk bubuk yang halus dan licin berwarna putih hingga kekuningan menyerupai tepung.

Namun pengaruh heroin bagi tubuh manusia lebih berbahaya daripada morfin. Heroin dpat bereaksi sangat kuat sehingga dengan mudah menembus otak. Heroin murni berupa bubuk berwarna putih sedangkan heroin tidak murni warnanya putih keabuan.

Sedangkan untuk tanaman ganja sebenarnya merupakan jenis tanaman penghasil serat untuk membuat karung. Tanaman ganja sering kali dibudidayakan untuk diambil seratnya. Namun biji dari tanaman ganja ini mengandung tetrahidrokanabinol. Kandungan zat narkotika jenis ini bisa membuat penggunanya merasakan senang berkepanjangan tanpa sebab apapun. Selain itu, ganja juga menyebabkan hilangnya konsentrasi berpikir sehingga otak akan lamban dalam berpikir dan menjadi malas.

Foto: Int.

 

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close