News

Empat Kandidat Calon Gubernur Jangan Terbuai Hasil Survei

Empat Kandidat Calon Gubernur Jangan Terbuai Hasil Survei

Kabar Makassar----- Hasil lembaga survey Poltracking Indonesia menyebutkan ada empat kandidat Bakal Calon Gubernur Sulawesi Selatan yang akan bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang dengan elektabilitas tertinggi. Mereka diantaranya Agus Arifin Nu'Mang, Ichsan Yasin Limpo, Nurdin Abdullah dan Nurdin Halid.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad mengatakan jika lembaga survei hanya sebatas merekam pergerakan politik secara temporal. Ia juga mengatakan bahwa hal tersebut dapat dijadikan rujukan ihwal pergerakan politik, elite politik dalam kurun waktu tertentu untuk evaluasi pergerakan politiknya tetapi harus waspada agar tidak terbuai hasil survei yang ada.

"Jadi lembaga survei memiliki pengaruh psikologi politik untuk menata gerakan tapi bukan faktor determinan yang menentukan kemenangan," kata Firdaus Muhammad saat dihubungi Kabarmakassar.com, Rabu, 14 Juni 2017.

Dalam rilis lembaga survey Poltracking Indonesia Nurdin Abdullah menempati urutan pertama pada simulasi empat kandidat dengan elektabilitas tertinggi. Sementara itu Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, empat kandidat tersebut selalu unggul dari simulasi dengan total 27 kandidat bakal calon gubernur.

Nurdin Abdullah memiliki 17,40 persen dari hasil survey Poltracking Indonesia kemudian disusul Ichsan Yasin Limpo dengan 14,69 persen; Nurdin Halid 13,27 persen, dan Agus Arifin Nu'mang 11,21 persen.

Tidak hanya elektabilitas Poltracking, Indonesia juga merilis simulasi popularitas dimana nama Ichsan Yasin Limpo menjadi urutan pertama dalam hasil survei tersebut dengan perolehan Ichsan Yasin Limpo (57%), Agus Arifin Nu'mang (55%), Aziz Qahhar Mudzakkar (48%) dan Nurdin Abdullah (42%), keempat Cagub tersebut pun dinilai kandidat yang paling banyak dikenal publik.

"Nama Nurdin Abdullah, Ichsan Yasin Limpo, Nurdin Halid, dan Agus Arifin Nu'mang merupakan empat kandidat yang selalu unggul dalam berbagai simulasi," kata Hanta, dalam paparan hasil survei, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Juni 2017 kemarin.

Dari hasil survey tersebut Poltracking juga menyimpulkan jika empat calon Gubernur tersebut dinilai figur yang berpotensi menjadi kandidat dalam Pilkada Sulsel 2018 mendatang. Meskipun beberapa nama-nama bakal Calon Gubernur Sulsel juga bakal ikut bertarung dalam Pilgub 2018 mendatang seperti, Rivai Raas, Rusdi Masse, dan Ni Matullah.

Dari empat bakal Calon Gubernur tersebut memiliki latarbelakang yang kuat sehingga memiliki hasil survey tinggi dari hasil simulasi yang dilakukan lembaga survey Poltracking Indonesia, dimana nama Ichsan Yasin Limpo yang merupakan mantan Bupati Gowa dua periode dan cukup berpengaruh di Sulsel. Nurdin Abdullah yang juga merupakan Bupati Bantaeng yang banyak menorehkan prestasi di Kabupaten yang dipimpinnya. Agus Arifin Nu'Mang merupakan petahan yang juga Wakil Gubernur Sulsel yang dinilai kompak bersama pasangannya Syahrul Yasin Limpo memimpin Sulsel dieranya. Nurdin Halid merupakan tokoh politik partai Golkar dan juga memiliki pengaruh kuat di Sulsel.

Penulis: Fritz Wongkar
Editor: Dim

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close