Eks Napi Narkoba Resmi Jadi Anggota DPRD Makassar

Pelantikan Rahmat Taqwa Qurais sebagai anggota DPRD Kota Makassar, jumat (14/2).

KabarMakassar.com — Rahmat Taqwa Qurais (RTQ) calon anggota legislatif dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang terpilih pada Pileg 2019 kemarin, namun sempat tersandung kasus penyalahgunaan narkoba dan harus menjalani rehabilitasi selama kurang lebih lima bulan, akhirnya dilantik menjadi anggota DPRD Kota Makassar periode 2019-2024, Jumat (14/2).

Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto lallo usai acara pelantikan mengatakan, RTQ memang memiliki hak untuk dilantik sebagai legislator DPRD Makassar periode 2019-2024. Pasalnya, politisi PPP itu mengantongi SK Gubernur berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar.

“Karena secara hukum dia harus dilantik, makanya DPRD kemudian menyikapinya dengan hari ini telah dilakukan pelaksanaan pelantikan sumpah jabatan saudara Rahmat Taqwa. Kami DPRD hanya jalan sesuai aturan hukum, karena yang bersangkutan sudah mengantongi SK, dan SK itu tidak pernah dibatalkan sampai sekarang,” kata Rudianto.

“Jadi kami berkesimpulan, sepanjang SK ini tidak pernah dibatalkan, sepanjang yang bersangkutan tidak dipecat dari keanggotaan partainya, dan sepanjang yang bersangkutan tidak mengundurkan, diri maka dia harus dilantik,” tambahnya.

Terkait pro dan kontra di masyarakat atas pelantikan eks narapidana kasus narkoba itu sebagai anggota DPRD Makassar, Rudianto mengaku hanya menjalankan aturan yang ada dan menghormati keputusan PPP yang meminta untuk dilakukan pelantikan untuk yang bersangkutan (RTQ).

“Justru kalau tidak dijalankan kami melanggar hak konstitusional saudara Rahmat Taqwa sendiri, karena dia mengantongi SK dan harus dilantik. Apalagi dia dipilih oleh rakyat,” ujarnya.

Dengan dilantiknya RTQ sebagai legislator DPRD Makassar, maka kursi PPP di DPRD Makasar yang selama kurang lebih lima bulan terkahir
hanya terisi empat, kini genap berjumlah lima kursi, sesuai hasil Pileg 2019 kemarin.

Sekadar diketahui, sebelumnya RTQ sempat tersandung kasus narkoba. Ia diamankan polisi di rumahnya di Jalan Barukang, Kecamatan Ujung Tanah, makassar pada Selasa, 20 Agustus 2019 lalu. Saat itu, polisi menemukan narkoba jenis sabu di rumah RTQ.

Reporter :

Editor :

Qiswanty

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI