kabarbursa.com
kabarbursa.com

Setahun Beroperasi di Toraja, Draiv Bisa Hidupi Ribuan Pekerja-Pelaku UMKM

Setahun Beroperasi di Toraja, Draiv Bisa Hidupi Ribuan Pekerja-Pelaku UMKM
Owner Draiv, Ian Celasa (Foto : Dok. Jerni Bening KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Perayaan Hari Ulang Tahun Draiv yang pertama kali di gelar di Halaman Kantor BPS Toraja Utara, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sabtu (1/6) .

Aplikasi yang dibuat oleh anak bangsa yang berasal dari Toraja Ini berhasil memperkerjakan kurang lebih ribuan driver baik dari kalangan anak muda, Mahasiswa, Pelaku UMKM hingga kalangan Ibu Rumah Tangga(IRT).

Pemprov Sulsel

Owner Draiv , Ian Celasa mengatakan bahwa draiv ini merupakan draiv by anak bangsa yang sudah bisa mencakup beberapa Kabupaten wilayah Indonesia. Toraja sendiri termasuk unit yang ke 56 yang telah mempekerjakan sekitar 1000 driver dan kuliner sekitar 1100.

Alasan dirinya memasukkan Draiv ke Toraja adalah memajukan sektor UMKM di Toraja. Setelah menganalisa kebanyakan yang join ini merupakan UMKM yang tidak memiliki restoran dan toko di tengah kota, bahkan mereka menggunakan rumah tempat tinggal sendiri.

“Jadi dengan adanya draiv di Toraja secara tidak langsung kita telah membangkitkan pendapat bagi pelaku UMKM yang tidak memiliki Toko dan restoran di sekitaran Kota tapi bisa jualan secara online” Ungkap Ian celasa.

Downloder sendiri diakuinya sudah mencapai hampir 9℅ dari jumlah penduduk Toraja Utara, sudah 230.000 sekian member yang bertambah terus dari 750 hingga 900 dounloder setiap bulannya. Dan di tahun kedua dengan target bisa mencapai hingga 18 persen dari populasi jumlah penduduk yang ada di Toraja.

Menurutnya Ian, semakin banyaknya downloder di situ berarti semakin berkembangnya UMKM kemudian berkembangnya pekerjaan formal seperti driver, kuliner dan perputaran di UMKM ini bisa terjadi

“Mengapa kami tim ngotot memasukkan draiver di Toraja karena melihat banyaknya UMKM yang teebantu dan menciptakan lapangan kerja non formal bagi masyarakat” tuturnya.

Selama setahun beroperasi di Toraja meski sudah bisa menjangkau kurang 40 KM dari jantung kota Rantepao dan Makale, Ian akui mendapat kendala di jaringan internet yang kurang memadai saat kondisi cuaca hujan yang kadang ekstrim terjadi di beberapa wilayah Toraja.

Sementara itu salah satu draiver yang berasal dari kalangan Ibu Rumah Tangga(IRT) mengaku setelah 11 bulan bergabung di Draiv dirinya bisa membantu perekonomian keluarga yang dulunya tidak punya penghasilan kini bisa mendapat penghasilan hampir 2 jutaan setiap bulannya.

“Tergantung dari ke aktifkan kita kalau rutin bisa dapat 1juta hingga 2 juta setiap bulan, dan ini sangat membantu sekali dalam menambah penghasilan, dan pekerjaannya kita sendiri yang atur waktu kita” Sebut Salma.

PDAM Makassar