Dua Bakal Calon Gubernur Didukung Tokoh asal Sulsel

sulsel.pojoksatu.id. [Int.]

Kabar Makassar— Dua bakal Calon Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo dan Nurdin Halid ternyata terlebih dahulu mendapatkan dukungan dari beberapa tokoh yang memenangkan kandidat calon Gubernur 2018 mendatang ini. Sejumlah tokoh asal Sulawesi Selatan ini terang-terangan mendukung calon Gubernur 2018 mendatang, bahkan beberapa diantaranya menyandang status bupati.

Ichsan Yasin Limpo (IYL) yang merupakan mantan Bupati dua periode di Gowa, terlebih dahulu mendapatkan dukungan dari parpol yang akan mengusungnya di Pilgub 2018. Untuk diketahui jika beberapa partai memberikan sinyal dukungannya yakni PAN, Hanura dan PPP. Kini ketua PMI Sulsel ini kembali mendapatkan dukungan penuh dari beberapa tokoh di Sulsel, mulai dari Bupati Sidrap, Rusdi Masse (RMS). Bupati Luwu, Andi Mudzakkar (Andi Cakka) dan Mathius Salempang masuk dijajaran pendukung Bakal Calon Gubernur 2018 mendatang untuk IYL.

RMS diketahui pada bulan lalu tepatnya 29 mei 2017, RMS mendatangi kediaman ibunda Ichsan Yasin Limpo di jalan Haji Bau Makassar, bahkan RMS terlihat memakai kaos bertuliskan “Punggawa” yang tak klain tagline dari IYL. Dalam pertemuan tersebut hadir pula saudara dari IYL yakni Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

Untuk diketahui jika saat ini RMS masih menjabat sebagai Bupati Sidrap bahkan sudah dua Periode dan juga sebagai Ketua DPW NAsDem Sulsel.

Andi Mudzakkar atau akrab disapa Andi Cakka tak mau kalah dengan memberikan dukungan kepada IYL untuk maju sebagai Calon Gubernur Sulsel 2018. Kader golkar ini lebih serius untuk mendukung penuh IYL ketimbang memilih saudaranya yakni Azis Kahar Mudzakkar yang digandeng oleh Nurdin Halid untuk maju di Pilgub 2018 mendatang.

Baca juga :   Sosok NH di Mata Andi Ilhamsyah Mattalatta

Salam punggawa dari Andi Cakka pun membuat heboh DPP Golkar Sulsel, dimana Andi Cakka membuat heboh salam punggawanya dengan beberapa kepala desa dan bahkan Wakil Bupati Luwu yakni Amru Saher. Hal tersebut dilakukan saat buka puasa bersama kepala desa di kediaman pribadi Amru Saher, Desa Salubutu, Kecamatan Walut, Selasa 20 Juni 2017 lalu.

Alhasil Andi Cakka mendapatkan panggilan khusus dari DPD I Partai Golkar Sulsel bakal memanggil Andi Mudzakkar, Ketua DPD Partai Golkar Luwu, terkait dukungannya terhadap calon lain yang bukan dari partai golkar. dimana Golkar solid mendukung pasangan Nurdin Halid dan Azis Kahar Mudzakkar.

Mathius Salempang tokoh Sulsel asal Toraja ini juga terang-terangan memberikan dukungan kepada adik kandung Syahrul Yasin Limpo ini. Mantan Kapolda Sulselbar ini saat bertemu dengan IYL di Toraja, Jenderal Purnawirawan ini pun melakukan salam punggawa dan serius membawa IYL maju di Pilgub 2018 mendatang.

Inspektur Jenderal Purawirawan ini merupakan tokoh berpengaruh di wilayah Tana Toraja dan Toraja Utara, dimana pada 28 Januari 2009 hingga 31 Agustus 2009 ia menduduki jabatan sebagai Kapolda Sulselbar. Bahkan tokoh ini merupakan sosok yang tegas dan masih memiliki kans wilayah Sulsel setelah mengakhiri masa jabatannya sebagai Wakabareskrim Polri pada 2011 lalu.

Amir Uskara anggota DPR RI dari partai PPP, yang juga sebelumnya menyatakan untuk mendukung mantan orang nomor 1 di Gowa tersebut. Amir Uskara merupakan tokoh parpol yang kini mendapatkan tempat di Wakil Ketua Umum PPP ditingkat pusat.

Baca juga :   Disparekraf Makassar Appresiasi Pengurus MUA Society

Salam punggawa Amir Uskara sebagai simbol pernyataan jika PPP mendukung IYL maju di Pilgub 2018. Partai PPP merupakan parpol yang pada tahun 2013 mendukung pasangan calon Gubernur Sulsel, Syahrul YL dan Agus Arifin Nu’Mang dan memenangkan Pilgub tersebut sehingga pasangan dengan tagline Sayang tersebut bertahan dua periode di pemerintahan provinsi Sulsel.

Nurdin Halid, tokoh politik Sulsel yang maju menjadi kandidat calon gubernur Sulsel dengan pasangannya Azis Kahar Mudzakkar tak ketinggalan dengan dukungan parpol besar dan para tokoh Sulsel. Partai Golkar jelas menjadi kendaraan utama untuk maju dan kini Gerindra pun terang-terangan bakal membawa kedua bakal calon Gubernur Sulsel ini di Pilgub 2018 mendatang.

Sejumlah tokoh berpengaruh pun mendukung bakal calon Gubernur Sulsel ini, dialah Idris Manggabari secara tegas jika akan memenangkan Nurdin Halid dan Azis Kahar Mudzakkar di Pilgub 2018. Sekalipun dukungannya ditolak oleh Golkar, namun Idris lebih memilih secara pribadi sosok NH.

Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Selatan Idris Manggabarani ditemui KabarMakassar.com kemarin sore 21 Juni 2017 usai buka Puasa bersama di Hotel Aerosmile, Idris mengatakan, Partai Gerindra akan mengusung NH di Pilgub mendatang dengan dasar NH secara personal tanpa usungan partai berlambang pohon beringin itu.

Baca juga :   Waspada Pembegalan, Relawan IYL-Cakka Jaga Ketat Dukungan Rakyat.

Selain itu, tokoh berpengaruh lainnya yang mendukung NH untuk maju yakni merupakan kader Golkar baik tingkat pusat maupun daerah, disebutkan jika Idrus Marham yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Golkar bakal total dan solid mendukung NH di Pilgub 2018 mendatang.

Bahkan totalitas Idrus Marham dengan tegas akan memberikan sanksi kepada para kader Golkar yang membelot jika tak mendukung NH dan Azis di Pilgub 2018 mendatang.

Sementara itu dikabarkan pula jika ada beberapa akademisi dan juga pengusaha yang menjadi backupan dari mantan ketua PSSI tersebut untuk maju di Pilgub 2018. Pada pertemuan di Jakarta beberapa lalu saat menghadiri pernikahan anak dari Azis Kahar Mudzakkar. Nama-nama tokoh pun mencuat mendukung NH-Azis diantaranya yakni akademisi Hamid Paddu, pengusaha nasional HM Aksa Mahmud dan mantan rektor Unhas Idrus Paturusi.

Dua Bakal Calon Gubernur Sulsel 2018 yakni IYL dan NH sudah mendapatkan dukungan dari beberapa tokoh di Sulsel. Namun bakal calon Gubernur Sulsel lainnya pun saat ini masih mengodok beberapa parpol dan juga berkomunikasi dengan para tokoh di Sulsel. Dimana para bakal calon Gubernur Sulsel yang turut bertarung yakni, Agus Arifin Nu’Mang, dan Nurdin Abdullah.

Penulis: Fritz Wongkar
Foto: sulsel.pojoksatu.id. [Int.]