Dosen Asal Sinjai Telorkan Jurnal dan Buku Tentang Potensi Longsor

Muhlis Salfat Dosen Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Indonesia.

Kabarmakassar.com — Muhlis Salfat atau lebih dikenal dengan Muhlis merupakan salah satu dosen di Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Indonesia (Stitek Nusindo), Makassar yang berada dibawah Naungan LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi.

Sebagai putra daerah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan dan wujud pengabdian terhadap tanah kelahiran yang dicintai. Maka beberapa jurnal, aplikasi dan penelitian serta buku yang menggali tentang potensi longsor yang ada di Sinjai.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya terungkap penyebab utama longsor di Kabupaten Sinjai terdiri atas curah hujan, kemiringan lereng, penutupan lahan.

Potensi bencana alam tanah longsor yang terdapat di wilayah Kabupaten Sinjai umumnya terjadi pada wilayah dengan kemiringan topografi >45% dengan kondisi hutan yang sudah mengalami penggundulan yang disebabkan oleh peladang yang berpindah-pindah dan penebangan liar.

Pembagian tingkat potensi longsor berdasarkan curah hujan dibagi menjadi kelas rendah dengan kisaran curah hujan berada pada nilai 2000-2500, wilayah tersebar diwilayah Kecamatan Sinjai Bulupoddo, Sinjai Utara, sebagaian Kecamatan Sinjai Tengah bagian utara serta Kecamatan Sinjai Timur bagian utara.

Wilayah yang berada pada kelas potensi longsor sedang yaitu berada pada kisaran curah hujan 2500 mm – 3000 mm, potensi ini tersebar di Kecamtan Sinjai Barat Bagian utara, Kecamatan Sinjai Tengah, Kecamatan Sinjai Timur dan Sinjai Selatan.

Potensi longsor kelas tinggi dengan nilai curah hujan berada pada kisaran 3000 mm – 3500 mm yang tersebar di Kecamatan Sinjai Timur, Kecamatan Sinjai Tengah, Kecamtan Sinjai Selatan dan Kecamatan Sinjai Barat dan Sinjai Borong.

Kelas longsor tingkatan kelas sangat tinggi dengan kisaran curah hujan 3500 mm – 4000 mm tersebar di Kecamatan Sinjai Selatan dan Sinjai Borong serta sebagian Kecamatan Sinjai Tellulimpo.

Lereng dengan tingkat kemiringan lebih dari 40% termasuk kategori sangat terjal sehingga berpotensi besar mengalami longsor, wilayah tersebut tersebar di wilayah Kecamatan Sinjai Borong dan sebagian wilayah Kecamatan Sinjai Barat.

Untuk kemiringan 15-40% termasuk kategori terjal yang tersebar di wilayah Kecamatan Sinjai Barat, Sinjai Borong, Sinjai Tengah dan sebagian Sinjai Selatan.

Untuk kemiringan 5 – 15% termasuk kategori miring yang tersebar di Kecamatan Bulupoddo, Kecamatan Sinjai Tengah, Kecamatan Sinjai Selatan dan sebagian Kecamatan Tellulimpoe.

Untuk kemiringan 2 – 5 % termasuk kategori landai yang tersebar di wilayah Kecamatan Bulupoddo, sebagian Kecamatan Sinjai Tengah, Kecamatan Sinjai Tengah dan Kecamatan Tellulimpoe.

Untuk kemiringan 0 – 2 % termasuk kategori datar yang tersebar di Kecamatan Sinjai Utara, dan sebagian Kecamatan Sinjai Timur serta sebagian Kecamatan Tellulimpoe.

Berdasarkan pola sebaran lereng wilayah yang paling berpotensi longsor adalah Kecamatan Sinjai Barat, Kecamatan Sinjai Borong, Kecamatan Sinjai Tengah, Kecamatan Sinjai Timur.

Dengan publikasi jurnal dan bukunya mengharapkan pemerintah harus lebih siap dalam eksplorasi, mitigasi, evakuasi dan evaluasi wilayah yang teridentifikasi sebagai titik rawan longsor serta perlunya peninjauan ulang evaluasi kesesuaian lahan.

Terlahir dari keluarga sederhana dan petani tidak mengurungkan semangat untuk mencapai gelar masternya di salah satu kampus ternama di Indonesia Timur, Universitas Hasanuddin. Bahkan dosen yang bercita-cita jadi professor ini juga dikenal vokal memberikan pencerahan dan motivasi terutama kepada pemuda di mimbar-mimbar masjid takkala pulang ke kampung halamannya.

Muhlis adalah putra bungsu tiga bersaudara pasangan Saleng dan Fatma ini memiliki hobi olahraga. Muhlis pun selalu berprinsip jika harus bermanfaat untuk orang lain.

Berikut Profil Singkat Muhlis:

Nama : Muhlis, S.TP.,MP
Lahir : Sinjai, 11 Nopember 1985
Pekerjaan : Dosen

Orang Tua
Ayah : Saleng
Ibu : Fatma

Pendidikan :
SDN 133 Maroanging
SMPN 1 Sinjai Selatan
SMAN 2 Sinjai eks SMAN 1 Sinjai Selatan
Perguruan Tinggi
S1 Teknik Pertanian Unhas
S2 Sistem pertanian UNHAS
Akun Media sosial (hanya Facebook): Muchlis Salfat, (ig:muchlis salfat)

Karya-Karya Ilmiah Muhlis
1. Deteksi potensi longsor di Kabupaten Sinjai dgan teknologi geospasial (jurnal agrokompleks politani pangkep 2019)
2. Penerapan teknologi kelistrikan dalam memanfaatkan campuran perasan jeruk nipis dengan larutan garam dalam menyalakan lampu LED (jurnal multi teknik 2019)
3. Analisis potensi longsor di kab. Sinjai dengan teknologi geospasial (Jurnal multek 2019)
4. Deteksi sebaran pertanaman dan evaluasi kesesuaian lahan tanaman cengkeh di kab. Sinjai dengan teknologi geospasial (Jurnal bertani 2018)
5. Pemanfaatan biopori sebagai alternatif mengurangi kerusakan lingkungan (Jurnal Multek 2015)
6. Aplikasi data penginderaan jauh dan gis untuk dinamika temporal tutupan lahan dan laju perubahan penggunaan lahan terhadap fungsi lindung das (prosiding, 2019)

Buku :
Aplikasi Data Penginderaan Jauh Untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (2019)
HAKI: Aplikasi data penginderaan jauh dan gis (indikasi geografis. 2019)

Penelitian :
1.Pemanfaatan Biopori sebagai alternatif mengurangi kerusakan lingkungan (2013. PDP didanai Dikti)
2. Analisis potensi longsor di Kabupaten Sinjai dengan teknologi geospasial (2018. PDP. Didanai dikti).
3. Aplikasi data penginderaan jauh dan GIS (PKPT 2019-2020-multiyears didanai Dikti).

Reporter :

Editor :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI