Dispar Sulsel Bakal Gaet Influencer Lokal untuk Promosi Wisata

Ilustrasi - INT

KabarMakassar.com — Kementrian Pariwisata menggelontorkan dana sebesar Rp72 miliar untuk mendukung promosi wisata dalam negeri guna mencapai target kunjungan wisatawan tahun ini yang dipatok sebesar 18 juta kunjungan.

Dana tersebut akan digunakan untuk membayar para influencer yang diminta mempromosikan sejumlah destinasi wisata yang ada di Indoensia.

Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Deny Irawan menilai, langkah yang diambil oleh pemerintah pusat adalah langkah yang tepat dan sesuai dengan perkembangan teknologi.

Karena itu, pihaknya juga akan mulai menjejaki starategi yang sama dengan konsep yang berbeda untuk lokal Sulsel.

“Kita juga punya anak muda, kita punya influencer lokal yang bisa dibina untuk kita manfaatkan. Mereka ini juga bisa go nasional, jadi kita akan lakukan seperti itu,” kata Deny, Jumat (28/2).

Menurut Denny, langkah marketing melalui influencer di era saat ini lebih menjanjikan dan berefek daripada pemasaran dengan cara konvensional yang sudah mulai ditinggalkan para pelaku bisnis.

“Kita lihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus meningkat dan sebanding jumlah internet juga semakin tinggi, toh siapa yang tidak kenal dengan itu,” ungkapnya.

Kata dia, peranan dari media sosial sangat besar dalam mempengaruhi perilaku masyarakat, baik nasional maupun global.

“Kaum milenial kan tidak lepas dari media sosial, jadi influencer pasti efektif untuk mempengaruhi perilaku konsumen seperti itu. Tidak bisa dipungkiri media sosial sangat ampuh untuk dijadikan sebagai media promosi,” paparnya.

Meski begitu, kata dia, pembenahan sarana dan prasarana destinasi wisata juga dibutuhkan untuk bisa menarik perhatian wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

“Tapi kita juga mesti perbaiki destinasi wisatanya, semuanya harus bagus maka tanpa diundang pun pasti influencer datang. Karena mereka butuh konten, jadi saling ada win solution seperti itu,” ujarnya.

Denny mengungkapkan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel tahun ini memiliki target kunjungan wisatawan sebanyak 8 juta kunjungan. Dengan rincian, 7,7 juta wisatawan nusantara dan 325 ribu kunjungan wisatawan mancanegara.

“Sulsel itu memiliki 60 event pariwisata yang akan digelar tahun ini. Beberapa diantaranya telah ditetapkan sebagai agenda tahunan dan masuk dalam Calender of Event Pariwisata 2020 Wonderfull Indonesia,” pungkasnya.

Reporter :

Editor :

Herlin

Sofyan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI