Disnaker Makassar: Aduan Ketenagakerjaan Tugas Daerah

Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar. [Sumber: Int.]

Kabar Makassar — Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar mengklaim masalah aduan ketenagakerjaan menjadi tanggung jawab di masing-masing daerah bukan menjadi wewenang provinsi.

“Dalam lingkup Makassar, itu menjadi tugas Disnaker Kota Makassar. Kalau Provinsi ia bertugas ketika Makassar tidak bisa menyelesaikan tugasnya. Nah, baru kita bawa ke provinsi,” ujar Kadisnaker Kota Makassar, Andi Bukti Jufri. Jumat, 29 Juli 2017.

Baca juga :   Soal Narkoba, Ini Kata Pimpinan BNN Sulsel Yang Baru

Menurutnya, jika pelapor mengadukan masalahnya kepada Disnakertrans.

“Sekarang ini ada beberapa perusahaan yang melapor ke provinsi yang tidak menerima THR. Nah, kalau mau turun, silakan. Yang jelas koordinasikan dulu ke Disnaker kota karena posisi kita ada di kota Makassar,” jelasnya.

Berbeda dengan tanggapan Kadisnakertrans Sulsel, Andi Edison. Dia mengaku dirinya juga berhak menerima pengaduan ketenagakerjaan.

Baca juga :   Bahaya PCC, Pemprov Sulsel Lakukan Antisipasi

“Lingkupnya saya juga di Sulsel. Kalau ada pengaduan, yah, saya tindaki. Setelah itu saya langsung mempersilakan kota untuk menindaklanjuti,” jelasnya.

Namun, katanya, sampai saat ini Andi Edison belum menerima laporan dari Disnaker Kota Makassar perihal data-data perusahaan yang sudah selesai diperkarakan, yakni 17 perusahaan yang sebelumnya terekspose melanggar aturan karena tidak membayar THR dan gaji.

Baca juga :   MICE, Salah satu Strategi Menangkap Peluang Wisatawan

“Artinya sampai sekarang, saya meminta kepada Disnaker Kota Makassar untuk melaporkan. Namun sampai sekarang belum ada laporan yang masuk,” kata dia.