Dirut PDAM: Kami Tahu Jika Ada Curi Air

Direktur Utama PDAM Kota Makassar saat melakukan interviews khusus bersama jurnalis KabarMakassar.com. Foto: Fajar Nur

KabarMakassar.com — PDAM Kota Makassar menyambut baik kedatangan tahun 2018 terkhusus dalam melayani pelanggan Kota Makassar.

Ditemui di ruangannya, Direktur Utama PDAM Kota Makassar, Haris Yasin Limpo mengaku pihaknya telah menyelesaikan masalah-masalah tahun 2017 dengan baik khusus permasalahan non teknis seperti adanya pencurian air.

“Untuk permasalahan teknis itu seperti kebocoran pipa. Sedangkan non teknis, ada pencurian air dengan illegal connection,” Ungkap pak Haris saat ditemui oleh Tim Redaksi KabarMakassar.com pada Jumat, 5 Januari 2018.

Disatu sisi, lanjutnya peningkatan denda pelanggan terhadap illegal connection juga tinggi. Berbanding lurus dengan kerugian yang muncul “Dari denda itu meningkat hingga Rp1 miliar, padahal kita tidak berharap banyak dari denda mengingat air kita juga termasuk air yang murah,” tambahnya

Baca juga :   Pemkot Makassar Siapkan Layanan Database Terintegrasi
Direktur Utama PDAM Kota Makassar saat melakukan interviews khusus bersama jurnalis KabarMakassar.com. Foto: Fajar Nur

Dia menjelaskan, keuntungan yang diperoleh PDAM Kota Makassar terkait denda yang diberikan bagi pelanggan yang melanggar tidak lepas dari kemampuan PDAM Kota Makassar mendeteksi adanya penyalahgunaan air.

“PDAM sangat profesional dan gampang sekali untuk mendeteksi illegal connection, dilihat dari segi histori pembayaran dan pemakaian, jika terjadi perbedaan jauh berarti ada indikasi pencurian,” tutur mantan Legislator Kota Makassar ini.

Baca juga :   Agus AN Akhiri Agenda Buka Puasa Bersama di Rujab

Tahun 2018, kata dia PDAM Kota Makassar akan melakukan penambahan denda untuk mengurangi meningkatnya penyalahgunaan oleh pelanggan.

“Kita meningkatkan denda, mudah-mudahan dengan begitu bisa membuat jera,” tambahnya.

Dia mengaskan air itu digunakan tidak hanya untuk mandi, tapi juga untuk kebutuhan makan dan minum. “Kira-kira bagaimana kalau air yang dipakai makan dan minum dari air curian, kita mau mendidik masyarakat agar menggunakan air dengan halal,” ungkap pria yang kerap disapa Yayang ini.

Baca juga :   Deng Ical Sebut Kekuatan Makassar Ada Pada Budaya Lokalnya

PDAM Kota Makassar tahun ini telah mempersiapkan beberapa inovasi terbaru seperti meteran digital yang lebih efektif untuk mengukur pemakaian pelanggan dan peningkatan kualitas reservoir hingga pembangungan reservoir baru di kawasan-kawasan yang berpotensi. (*)

Penulis: Muhammad Fajar Nur