Dinsos Makassar Raih Penghargaan Sinergitas Kota Layak Anak

Kadinsos Makassar, Mukhtar Tahir [foto: Imran Arief]

Kabar Makassar– Dinas Sosial menerima Penghargaan Sinergitas Kota Layak Anak Terpadu Kota Makassar yang diserahkan langsung oleh Menteri Sosial, Kofifah Indar Parawansa di Alun-alun Kota Malang, Jawa Timur. Senin, 20 November 2017.

Penghargaan yang diterima oleh Sekertaris Dinas Sosial kota Makassar pada kegiatan gerakan sosial menuju Indonesia bebas anak jalanan yang digelar oleh Kemensos.

Diketahui, penghargaan yang telah diberikan kepada Pemerintah Kota Makassar dinilai telah sukses menjadi kota percontohan dalam pelaksanaan Layanan Anak Integratif (LAI). Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir menjelaskan, penghargaan yang telah di raih berkat sinergitas antara dinas terkait dalam mewujudkan Layanan Anak Integratif (LAI).

Baca juga :   Hindari Eksploitasi Anak, Dinsos Sidak ke Tempat Ini

”Kebijakan perlindungan anak dan kesejahteraan sosial dalam konteks desentralisasi, yang dimana telah di tuangkan dalam sinergitas antara sejumlah dinas terkait,” kata Mukhtar Tahir saat dikonfirmasi.

Selain Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Tulangagung, Klaten, Surakarta juga telah mendapatkan penghargaan layanan anak terpadu.

Lanjut dikatakan Mukhtar, layanan bagi anak terpadu ini adalah dalam bentuk sinergitas antara sejumlah dinas terkait.

Baca juga :   SYL Terima Penghargaan Pembina K3 Terbaik

”Program LAI dilakukan pemerintah, dalam memberikan perlindungan bagi anak yang rentan terhadap berbagai resiko berhadapan dengan hukum,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa pelayanan anak tersebut kerjasama dengan beberapa dinas terkait, misalnya anak jalanan yang ketahuan ataupun kita dapat kemudian ia sakit, tentunya langsung dilakukan pelayanan ke medis. Tentu berhubungan dengan dinas kesehatan dan juga dari segi pendidikannya, hal itu telah kita berkoordinasi lagi dengan dinas pendidikan.

Baca juga :   Fasilitas Unggulan di Hotel Grand Park Sayang

”Ini bentuk kepedulian pemerintah, utamanya dinas sosial dalam hal penanganan anak di kota Makassar. Jadi kekuatannya ada di sinergitas antara dinas,” pungkasnya.