News

Diknas Sulsel Tanggapi Kasus Pemukulan Siswa

Diknas Sulsel Tanggapi Kasus Pemukulan Siswa

Kabar Makassar-- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo menanggapi video viral di media sosial guru yang memukuli siswanya di kelas. Begini tanggapan Irman yang kerap disapa None.

None menanggapi video tersebut. Mengawali tanggapannya, ia sangat menyesalkan kejadian tersebut meskipun ia juga mengaku tidak mengetahui di mana dan kapan kejadian tersebut.

"Di mana pun kejadian itu terjadi, saya ingin katakan bahwa kejadian seperti itu mesti kita lihat secara holistik. Tapi saya tidak sepakat jika yang disalahkan adalah siswa," kata None sembari melanjutkan bahwa harus ada instrospeksi dari guru dan sekolah.

None ingin guru-guru di Sulsel melakukan instrospeksi apakah selama ini dalam menjalankan tugas telah berjalan mekanisme profesionalis dan menghadirkan atmosfer akademik yang semestinya.

"Kenapa butuh adab guru? Karena guru adalah patron bagi siswa. Karena itulah, harus terbentuk kepribadian siswa yang baik ke depannya tergantung pada pendidik di sekolah selain lingkungan keluarganya," ungkapnya.

Guru dan siswa, lanjutnya harus terbangun suasana bersahabat dan sebaya di waktu-waktu tertentu.

"Mereka harus diberikan pemahaman, jangan hanya diisi. Jika hanya diisi mereka bisa lupa. Penilaian harus bersifat observasi. Jangan cuma lihat angka-angka ujiannya tetapi cobalah memahami apa yang mereka butuhkan," papar None.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: