Di Cafe Independen, Pemkot Makassar Dialog Pemberitaan Hoax

Di Cafe Independen, Pemkot Makassar Dialog Pemberitaan Hoax

Di Cafe Independen, Pemkot Makassar Dialog Pemberitaan Hoax

Kabar Makassar-- Melihat banyaknya pemberitaan 'Hoax' yang beredar di media cyber maupun media sosial. Pemerintah kota Makassar menggelar dialog dengan wartawan dari berbagai media bertempat di Cafe Independen, jalan Toddopuli Makassar Senin 25 September 2017.

Kegiatan tersebut merupakan dialog rutin yang diadakan dua kali selama sebulan yang diinisiasi oleh Humas Pemerintah Kota Makassar.

Dengan mengusung tema "stop hoax stay positive" kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa Narasumber yakni, Aswar Hasan, Akademisi. Qadriansyah Agam, Ketua AJI Makassar (Aliansi Jurnalis Independen), dan moderator, Andi Mangara.

Ketua Komisi Informasi Publik (KIP), Aswar Hasan mengatakan bahwa hoax itu merupakan virus demokrasi, "Kita tidak akan pernah menikmati demokrasi dalam bernegara jika hoax itu masih merajalela tanpa diantisipasi oleh negara dan masyarakat sipil"ujar Aswar Hasan.

Aswar Hasan menekankan bahwa cara mengatasi bagi pelaku penyebar konten hoax yang harus digalakkan yakni ada dua, muali dari pendekatan literasi dan penegakan hukum.

Penegakan hukum ini dapat diperoleh dengan cara penegakan sanksi bagi penyebar berita hoax yakni, pemberian sanksi dari lembaga provinsi, sanksi sosial dan Sanksi hukum dari negara.

Disamping itu Ketua dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar juga menekankan kepada seluruh wartawan agar pertajam soal data, verifikasi, sehingga mampu melahirkan karya jurnalis yang bersifat advokatif.

"Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui, apakah informasi itu hoax atau tidak, kita mulai dengan memeriksa sumber, penulis, dan tanggal terbit,"kata Agam sapaan Ketua AJI Makassar.

 

Redaksi

Related Articles

Berita Foto: Peluncuran Informa Mobile Berita Foto: Peluncuran Informa Mobile Berita Foto: Peluncuran Informa Mobile Berita Foto: Peluncuran Informa Mobile

Berita Foto: Peluncuran Informa Mobile

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close