News

Desa Ini Siap Jadi Desa Ramah Anak

Desa Ini Siap Jadi Desa Ramah Anak

Kabar Makassar-- Desa Bialo Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba akan menjadi Desa yang layak anak di Indonesia. Selama ini pemerintah hanya fokus pada kota layak anak, yang berfokus pada kementerian perempuan dan anak.

Kepala Desa Bialo, Agusriadi Maula mengatakan bahwa desa yang dipimpinnya dalam beberapa tahun ini sudah melakukan program yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mulai dari program desa sehat hingga sekolah sehat yang sedang berjalan.

"Saat ini kami sedang melakukan program desa sehat, mulai dari pembuatan jambang hingga adanya layanan ambulance desa," ujarnya Kamis 19 Oktober 2017.

Dia menjelaskan bahwa semua anggaran berasal dari Kementerian Desa dan Kabupaten yang disesuaikan dengan program desa mereka. Program desa selain menyiapkan ambulance desa juga menyiapkan sandro terlatih untuk melayani warga yang melahirkan. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan lomba sekolah sehat. Sebagai langkah awal menuju desa layak anak.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan desa bialo sebagai desa layak anak, karenanya hari ini berkonsultasi dengan LPA sulsel,"ujarnya.

Dia berharap bisa mendapat masukan dari LPA sulsel untuk mendapatkan indikator desa layak anak. Ketua LPA Sulsel, Fadia Mahmud sangat menarik jika desa Bialo akan menjadi desa layak anak. Ada beberapa indikator yang harus dipenuhi terutama ada komitmen terhadap anak.

"Perlu ada komitmen dari awal untuk anak, dalam membangun desa layak anak," tegasnya.

Beberapa indikator diantaranya, ruang menyusui, ruang merokok dan ruang yang ramah bagi anak-anak.

Desa Bialo memiliki luas wilayah 640 ha, 900 Kk dan 3000 jiwa, 577 anak. Tahun 2017 ini desa bialo mendapat Anggaran 2017 1,54 M dari Kementerian desa dan kabupaten.

Foto oleh Mad

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: