news

Deng Ical Ingin Wujudkan Kota Daeng yang Mendunia

Deng Ical Ingin Wujudkan Kota Daeng yang Mendunia

Kabar Makassar--- Wakil Walikota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI mulai menunjukkan determinasinya maju di Pilkada Kota Makassar. Dari sisi visi misi, Deng Ical--sapaan akrab Syamsu Rizal MI--hanya ingin mewujudkan Makassar sebagai Kota Daeng yang mendunia.

"Yang saya ingin wujudkan adalah Kota Daeng yang mendunia. Bukan kota dunia seperti San Fransisco, Los Angeles atau kota-kota luar negeri lainnya," ujar Deng Ical menjawab pertanyaan panelis saat pemaparan visi-misi di Partai Bulan Bintang (PBB), Minggu, 23 Juli 2017.

Pada acara yang digelar di Hotel The Rinra ini, Deng Ical menjelaskan, mewujudkan Makassar Kota Dunia hanya akan menghilangkan jati diri kota ini dan warganya. Padahal, ada banyak kearifan lokal yang mesti dijaga dan dilestarikan.

"Sebaliknya, menjadikan Kota Makassar sebagai Kota Daeng yang mendunia akan mengembalikan kejayaan Makassar dengan tetap menjaga jati diri dan kearifan lokalnya. Tetap menjaga sipakatau, sipakalebbi, dan sipammase-masei sebagai nilai-nilai luhur yang terus dijaga dan dilestarikan. Tetap sombere, tetap dengan rumah yang punya filosofi timpa laja," urai Deng Ical.

Pemaparan visi misi ini disampaikan Deng Ical di hadapan para pengurus PAC dan DPC PBB Kota Makassar. Juga hadir, Ketua DPW PBB Sulsel dan panelis yang terdiri atas akademisi dari Unhas dan UNM. Akademisi dan pakar ini adalah Profesor Dr Arismunandar, M.Pd (mantan Rektor UNM), Prof Dr Rahman, MS dan Dr Aswar Hasan, M.Si.

Masalah determinasi (faktor pembeda) Deng Ical dengan kandidat lain ini menjadi pertanyaan kunci dua panelis yakni Prof Arismunandar dan Prof Rahmat.

Alasannya, faktor determinasi ini penting bagi publik untuk menentukan pilihannya pada kandidat.

Jawaban Deng Ical ini kemudian mendapat apresiasi panelis. Ia menegaskan, Makassar Kota Daeng memang lebih pas ketimbang Makassar Kota Dunia tapi kehilangan jati diri. Apalagi sosok sombere memang melekat di Deng Ical. (Rilis)

 

Foto : Antara

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: