news

Dahului Pemerintah, Jamaah An Nadzir Lebaran Hari Ini

Dahului Pemerintah, Jamaah An Nadzir Lebaran Hari Ini

Kabar Makassar--- Ratusan Jamaah An-Nadzir di Desa Mawang Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1438 Hijriah hari ini Sabtu 24 Juni 2017.

Sekitar 400 lebih Jamaah An-Nadzir telah datang dan berkumpul untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah di pemukiman An nadzir di Desa Mawang Kabupaten Gowa.

Shalat ied yang dipimpin oleh Amiruddin salah seorang Jamaah An Nadzir Gowa berjalan khusud dan khidmat.

Penetapan masuknya 1 Syawal dilakukan jamaah An-Nadzir berdasarkan hasil perhitungan perjalanan bulan serta hasil pemantauan sejumlah jamaah, tentang tanda-tanda alam seperti terjadinya air surut puncak di laut.

Meski pemerintah belum mengeluarkan keputusan resmi penetapan 1 Syawal namun menurut Jama'ah Lelaki An-Nadzir yang memiliki ciri berambut pirang dan menggunakan pakaian hitam ini. Mereka melaksanakan Shalat Ied pagi ini karena meyakini jika 1 Syawal 1438 Hijriyah berdasarkan hasil pengamatan perjalanan bulan, perhitungan ruqyah serta tanda-tanda alam sudah masuk pada hari Jumat 23 juni 2017 kemarin.

Namun karena 1 Syawal masuk pada sekitar pukul 10.50 menit Wita, Shalat Idul Fitri baru dilaksanakan Sabtu pagi saat terbitnya matahari.

“Untuk menentukan awal bulan, itu kita harus menetukan akhir bulan, jadi fokus kita mengamati akhir bulan. Untuk satu syawal  kita menentukan akhir ramadhan akhir ramadhan ini kita lakukan pengamatan dengan berbagai parameter. Pertama kita melakukan hisab atau perhitungan kemudian yang kedua yakni rukyatul hilal, akhir bulannya kita amati bulan terkahir yang terbit yang kita lihat kemudian," Kata Ustadz Lukman Pimpinan Jamaah An Nadzir.

Kemudian, lanjutnya mereka melakukan penyaksian air pasang laut sebagai akumulasi pengamatan itu yang tidak berdiri sendiri. Mereka mengaku menentukan berdasarkan para meter yang jelas insya allah akurasinya juga benar sehingga kami mengetahui kemarin hari jumat 23 juni 2017 itu perpisahan bulan akhir ramadhan terjadi pada pukul 10.30 pagi hari.

Usai melaksanakan shalat ied dan mendengarkan khotbah, para jama'ah kemudian bersalaman dan saling memaafkan.

Baba Duppa

Journalist

Pewarta yang telah memiliki sertifikasi "Jurnalis Muda" dari Dewan Pers. Memiliki keahlian memproduksi berita dalam bentuk naskah, video dan suara.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close