Current Issue Epidemiologi Dalam Memerangi Penyakit Menular

Current Issue Epidemiologi Dalam Memerangi Penyakit Menular

Current Issue Epidemiologi Dalam Memerangi Penyakit Menular

Kabar Makassar-- Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Indonesia cabang Sulawesi Selatan, setelah vakum beberapa waktu sejak setahun lalu kembali mengibarkan bendera guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

PAEI juga mensosialisasikan upaya dalam penanggulangan Current Issue Epidemiologi untuk memerangi penyakit penyakit menular dan mematikan yang terdeteksi di Indonesia khususnya Sulsel.

Ketua Umum PAEI Sulsel, Prof. Ridwan Amiruddin menjelaskan, penyakit yang menjadi penyebab utama kematian tertinggi di Indonesia adalah penyakit menular seperti TBC, HIV, penyakit yang menular dari hewan ke manusia, stroke, perokok.

"Untuk di Sulsel itu yang kita takuti sebenarnya adalah penyakit antrax, campak dan beberapa penyakit yang menular lainnya. Terdapat 200 hingga 400 KLB menular yang terjadi di Sulsel," kata Prof. Ridwan yang ditemui di Hotel Grand Imawan jalan Pengayoman Makassar. Jumat 18 Agustus 2017.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa penyakit penyakit seperti campak, DBD, Malaria, merupakan penyakit kronik yangbsudaj sering muncul dan menyebabkan kematian.
"Jadi itu adalah penyakit pemyakit kronik yang sudah ada, dan itulah yang disebut dengan re emergy dan bukan pemyaki baru. Jadi penyakit baru itu belum sampai di Indonesia sudah bisa di kontrol tapi meskipun demikian sekarang ini di kabupaten Maros tengah berkembang penyakit baru dimana itu produksi unggas menurun," timpalnya.

Untuk itu, Epidemiologi terus disosialisasikan agar masyarakat mengetahui cara pencegahan daei transisi penyakit penyakit tersebut dalam kehidupan sehari hari.

Keberadaan PAEI di Sulsel diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengetahui cara mencegah penularan virus berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Dan bagaimana mendeteksi penyakit atau KLB sejak dini.

Redaksi

Related Articles

3 Mucikari Diamankan 3 Mucikari Diamankan 3 Mucikari Diamankan 3 Mucikari Diamankan 3 Mucikari Diamankan 3 Mucikari Diamankan

3 Mucikari Diamankan

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close