kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250

Waspada Hoaks BBM Pertalite Dihapuskan

Waspada Hoaks BBM Pertalite Dihapuskan
(Foto : Penulusuran Cek Fakta KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Fenomena hoaks terkait Bahan Bakar Minyak (BBM) ramai beredar di sejumlah media sosial tentang penghapusan BBM subsidi jenis Pertalite.

Informasi ini beredar di platform media sosial yang berdampak pada kecemasan konsumen khususnya para pemilik kendaraan bermotor mengingat harga Pertamax Green 95 lebih tinggi dibandingkan Pertalite.

Pemprov Sulsel

Dilansir dari MyPertamina, harga BBM Subsidi Pertalite saat ini untuk wilayah DKI Jakarta yakni Rp 10.000 per liter, sementara untuk Pertamax Green 95 adalah Rp 13.900 per liter.

Cek Fakta KabarMakassar.com menemukan informasi palsu terkait penghapusan BBM Pertalite. Informasi yang dibagikan di media sosial Whatsapp pada 9 Mei 2024 itu menyebutkan adanya penghapusan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan tidak lagi tersedia di sejumlah SPBU.

Berikut klaim informasi penghapusan BBM jenis Pertalite:

“Kalau cinta sudah melekat melihat kecoa disangka coklat selamat menikmati kemenangan. Selamat tinggal Pertalite selamat datang Pertamax Green 95. Selamat menikmati dan selamat menyaksikan”.

Informasi ini ramai beredar sejak PT Pertamina pada Agustus 2023 mengumumkan rencana akan meluncurkan produk baru sebagai bagian dari Program Langit Biru, yakni Pertamax Green 95 dengan kadar oktan lebih tinggi menggantikan Pertalite atau RON 90. Rencana ini menyusul adanya aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait BBM yang boleh dijual di Indonesia minimum oktan 91.

Sejak itu, beragam informasi dibagikan di media sosial menyebut BBM Subsidi Pertalite dihapus. Salah satunya informasi yang dibagikan oleh akun Bruri Kartika menyebutkan, BBM jenis Pertalite tidak lagi dijual di sejumlah daerah dan dihapus mulai 4 Mei 2024.

Akun Facebook Bruri Kartika aktif membagikan berbagai informasi politik yang  belum jelas atau hoaks. Akun ini setidaknya membagikan 2 hingga 3 informasi dalam sehari yang diteruskan dari berbagai akun.

Narasi klaim penghapusan BBM Pertalite pada Agustus 2024 mendatang, masih terus ditemukan di akun lain. Akun Facebook Ely Arsad membagikan postingan pada 23 Mei 2024 dengan caption “Horeeeeeeyyyy, Agustus pertalite dihapus diganti Pertamax green 95 dengan harga 13.900”.

Informasi ini dilengkapi dengan potongan gambar tayangan berita BTV dengan judul “Rencana Penghapusan Pertalite di 2024 dan satu gambar lainnya yang memuat tulisan  “Pertalite Bulan Agustus 2024 Dihapuskan Siap-siap 2024”.

Informasi mengenai penggantian atau penghapusan Pertalite dengan Pertamax Green 95 adalah tidak benar. Diketahui saat ini dari 8 ribu lebih SPBU di seluruh Indonesia, penjualan Pertamax Green 95 baru tersedia di 65 SPBU sejak April 2024. Itupun, hanya terbatas di Jabodetabek dan Jatim.

Rencana penggantian RON 90 atau Pertalite menjadi Pertamax Green 95 yang memiliki harga lebih tinggi juga belum direalisasikan secara pasti. Meski begitu, penjualan Pertamax Green 95 memang telah dilakukan di 65 SPBU di Indonesia namun bukan berarti bahwa BBM Pertalite telah digantikan atau akan dihapus.

Cek Fakta KabarMakassar menemukan berbagai kesamaan pada informasi yang beredar tentang penghapusan BBM Pertalite yang belum jelas kebenarannya. Penting bagi masyarakat untuk mengenali dan mengecek informasi yang beredar di antaranya :

1. Informasi yang beredar sama sekali tidak mencantumkan sumber

2. Potongan video, berita, dan foto seperti gambar SPBU selalu disertakan untuk melengkapi informasi yang

3. Selalu ditemukan kesalahan penulisan dalam narasi.

4. Narasi hoaks tidak didukung bukti yang kuat.

Penting bagi masyarakat untuk tidak mempercayai informasi yang belum tentu kebenarannya. Dibutuhkan pengecekan dan saring sebelum sharing informasi. Caranya, periksa kebenaran setiap informasi yang diterima, mencari informasi tambahan dari sumber yang terpercaya dan  jangan menyebar informasi yang belum terverifikasi.

PDAM Makassar