CEK FAKTA: Penyemprotan Racun Virus Corona dari Malaysia dan Singapura

Informasi salah terkait Penyemprotan Racun Virus Corona Negara Malaysia dan Singapura.

KabarMakassar.com — Maraknya pesan berantai akan adanya penyemprotan racun untuk virus Corona COVID-19 dari Malaysia dan Singapura dari udara melalui aplikasi percakapan Whatsapp. Hal ini membuat warga Indonesia panik dan bertanya perihal pesan berantai yang masuk dalam berbagai grup Whatsapp.

Dimana dalam pesan tersebut berbunyi,

“Pemberitahuan bahwasannya nanti mlm pada pukul 23.00 wib agar kita tidak ada yg keluar rumah,jika ad menjemur pakaian atau makanan segera diangkat dibawa masuk,karena mulai pukul 23.00 wib akan ada penyemprotan racun untuk virus corona dari malaysia dan singapore melalui udara,bila besok pagi hujan jgn keluar rumah dulu sampai hujan berhenti..mohon beritahukan kepada keluarga,sahabat atau tetangga bapak ibu sekalian. Trima kasih”.

Hasil Cek Fakta

KabarMakassar.com menelusuri pesan berantai tersebut yang sudah tersebar di berbagai Whatsapp grup dan ternyata informasi tersebut tidak benar atau hoaks. Dimana berdasarkan informasi yang didapatkan KabarMakassar.com melalui surat dari Angkatan Tentera Malaysia yang dijelaskan langsung oleh Panglima Angkatan Tentera Malaysia Jenderal Tan Sri Dato’ Sri Hj Affendi bin Buang TUDM.

Didalam suratnya ia mengatakan jika informasi berantai tersebut adalah hoaks dan tidak benar.

Berikut link bantahan Panglima Angkatan Tentera Malaysia Jenderal Tan Sri Dato’ Sri Hj Affendi bin Buang TUDM, yang dikutip dari media Portal Berita Radio Televisyen Malaysia.

ATM nafi helikopter tentera khas buat semburan disinfeksi di udara



Angkatan Tentera Malaysia menafikan terdapat helikopter tentera khas yang digunakan untuk membuat semburan disinfeksi COVID-19 di udara di seluruh negara.

Panglima Angkatan Tentera Malaysia, Jeneral Tan Sri Affendi Buang menegaskan berita yang tular di media sosial itu adalah palsu.

Dalam satu kenyataan, beliau berkata walaupun tidak dinyatakan jenis helikopter milik pasukan perkhidmatan mana sama ada Tentera Darat, TUDM atau TLDM namun penggunaan perkataan tentera serta hebahan tidak benar boleh mencetuskan suasana panik.

Orang ramai juga dinasihatkan tidak mudah terpengaruh dengan sebarang berita yang boleh mencetuskan kebimbangan.

Orang ramai diminta dapatkan maklumat COVID-19 yang sahih daripada talian CPRC kebangsaaan begitu juga saluran telegram Majlis Keselamatan Negara.

Kesimpulan

Informasi terkait penyemprotan racun untuk virus corona dari negara malaysia dan singapore tidak benar atau HOAKS dan membuat warga resah.

Referensi:

Portal Berita Radio Televisyen Malaysia – RTM
http://berita.rtm.gov.my/index.php/nasional/16689-atm-nafi-helikopter-tentera-khas-buat-semburan-disinfeksi-di-udara

Reporter :

Editor :

Redaksi

Fritz V Wongkar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI