Cegah Covid-19, Pelindo IV Cabang Parepare Lakukan Penyemprotan dan Cek Suhu Tubuh Penumpang

Pengecekan suhu tubuh penumpang oleh Pelindo IV Cabang Parepare

KabarMakassar.com — Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Parepare akan terus melakukan berbagai langkah preventif sebagai upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19.

General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Parepare, Muhammad Ilyas mengku jika pihaknya telah mengambil langkah pencegahan sejak Februari lalu. Hal itu dilakukan, kata dia, karena berdasarkan surat edaran Dirut PT Pelindo IV untuk mengantisipasi wabah Covid-19.

“Begitu kasus ini mencuat di Indonesia, PT Pelindo IV termasuk PT Pelindo IV Cabang Parepare langsung mengambil berbagai langkah sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona. Mengingat ini adalah salah satu pintu keluar masuk orang dan barang di Kota Parepare dan sekitarnya,” kata Ilyas.

Dia mengatakan bahwa langkah yang dilakukan diantaranya dengan melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan, terutama untuk fasilitas umum yang ada di Terminal Penumpang Pelabuhan Nusantara Parepare.

“Kursi, tangga menuju ke kapal hingga alat untuk mengangkut barang penumpang juga disemprot dengan cairan disinfektan. Semua penumpang yang akan naik dan turun juga kami lakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan alat thermal scanner,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa penyemprotan cairan disinfektan tersebut merupakan kerjasama antara Pelindo IV Cabang Parepare dengan Pemkot Parepare. Sementara untuk pemeriksaan suhu tubuh, pihaknya bekerjasama dengan Tim Karantina Kesehatan, dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Parepare.

“Para petugas dari kerjasama Dinas Kesehatan Parepare memeriksa suhu tubuh setiap penumpang yang akan naik dan turun dari kapal,” ujarnya.

Selain itu, kata Ilyas, Manajemen Pelindo IV Cabang Parepare juga menyediakan hand sanitizer untuk mencuci tangan pada sejumlah tempat umum, seperti terminal penumpang dan dekat akses masuk ke dalam gedung kantor.

“Kami juga mengimbau agar dilakukan social distancing utamanya di terminal penumpang, agar ada jarak minimal 1 meter bagi para penumpang yang sedang menunggu kapal dan sebagainya. Juga untuk penumpang yang antri masuk ke terminal dan yang akan naik ke atas kapal,” jelasnya.

Reporter :

Editor :

Sulistiawati

Sofyan Basri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI