Cegah Abrasi, ANN Turut Dalam Penanaman 10 Ribu Pohon Mangrove

Agus Arifin Nu'mang saat melakukan penanaman pohon mangrove bersama TKP [Foto: Humas Pemprov]

Kabar Makassar– Untuk mencegah terjadinya abrasi sekaligus melakukan penghijaunan untuk kesehatan lingkungan dari polusi udara, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang melakukan penanaman pohon Mangrove sekaligus menebar Benur Udang dan Ranjungan Kepiting pada acara Agrocomplex Go Green di Pantai Lantibung Kelurahan Bira, Kecamatan Biringkanaya, Sabtu 26 Agustus 2017.

Agrocomplex Go Green 2017 ini sendiri diprakarsai oleh Teman Kuliah Pertanian dan Kehutanan (TKP) Universitas Hasanudddin Makassar, yang diketahui menanam 10 ribu bibit mangrove dan 50 ribu ekor benih kepiting rajungan.

Kegiatan yang melibatkan Wakil Gubernur Sulsel, Agus An ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi fungsi ekologi, sosial ekonomi ddan budaya dan Budaya Hutan Mengrove sehingga tercipta kelaestarian lingkungan hidup yang terjaga.

Baca juga :   Sulsel Diprediksi Aman Dari Badai Siklon Tropis Dahlia

Sementara penebaran benur udang dan ranjungan kepiting sebagai budidaya bebas di area pohon manrove untuk dapat dinikmati oleh masyarakat Lantibung dan sekitarnya.

Diketahui, program penanaman Pohon Manrove dan penebaran benur Udang dan Ranjungan kepiting dalam rangka satu dekade Teman Kuliah Pertanian dan Kehutanan (TKP) Universitas Hasanudddin Makassar.

Sebelum, menanam pohon mangrove dan menebar benur udang serta ranjungan kepiting, Agus Arifin Nu’mang mengatakan bahwa pohon manrove merupakan pohon yang paling kuat untuk menahan ombak dibadingkan dengan tembok, ia bahkan mencontohkan beberapa tempat di Kabupaten Pangkep, dimana pohon manrove dijadikan sebagai penahan ombak.

Baca juga :   Suasana Upacara Hari Pertama Kerja Pemkot Makassar

“Di Sulsel khususnya kota Makassar ini sangat diperlukan lingkungan yang rindang oleh pepohonan mengingat banyaknya kendaraan bermotor yang berpotensi menimbulkan polusi udara, dengan adanya penghijauan ini maka akan dapat menciptakan lingkungan udara yang sehat,” kata Agus AN disela sela penanaman pohon mangrove.

Agus AN juga meminta kepada semua komponen masyarakat di Keluarahan Bira, khususnya yang berdomisisli di Lantibung untuk menjaga dan memelihara lingkungan terutama pohon manrova yang baru saja di tanam, begitu juga dengan pembudidayaan udang dan kepiting secara bebas di area pohon manrove di Pantai Lantibung.

Baca juga :   Usai Cuti Bersama, Kehadiran Pegawai BNN Sulsel Hampir 100 Persen

[divider sc_id=”sc1494837446686″]divider-3[/divider]

[team layout=”4″ staff=”1694″ sc_id=”sc963273057422″]