Bupati Gowa Resmikan Peace Room A’Kio, Ini Fungsinya

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meresmikan Peace Room A'kio, di Kantor Bupati Gowa, Senin (9/3). (foto : Dok. Humas Pemkab Gowa)

KabarMakassar.com — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meresmikan Peace Room A’Kio Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Gowa, di Kantor Bupati Gowa, Senin (9/3).

Adnan mengatakan, kehadiran Peace Room A’Kio merupakan langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketinggalan oleh teknologi.

“Karena dunia sekarang tidak lengkap tanpa teknologi dan telekomunikasi serta digitalisasi, semuanya berdasarkan digital. Bahkan sekarang ruang-ruang pekerjaan yang selama ini menjadi ruang untuk mempekerjakan orang, menjadi hilang karena adanya digitalisasi,” kata Adnan.

Menurut Adnan, keberadaan Peace Room ini juga sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Smart City yang akan memberikan manfaat sangat besar bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa. Sebab, segala informasi mengenai Kabupaten Gowa bisa diketahui dengan layanan dan fasilitas yang disediakan di Peace Room tersebut.

“Peace Room merupakan pusat pengendali yang menggunakan sistem Organize Data with Smart Knowledge (ODSK), yang mengatur data dengan pengetahuan yang cerdas,” ujarnya.

“ODSK merupakan sistem yang mengintegrasikan seluruh data di Kabupaten Gowa termasuk semua perangkat daerah dengan teknologi informasi komunikasi, dan merupakan sistem yang memberikan informasi cerdas, terukur, nyata serta berbasis waktu kepada masyarakat dan mendukung program e-government,” jelasnya.

Adnan juga mengatakan, keberadaan Peace Room ini juga akan berfungsi sebagai kendali untuk mengetahui berbagai kegiatan pelayanan publik dan aktivitas pada sejumlah titik di wilayah Kabupaten Gowa. Pasalnya, Peace Room tersebut terkoneksi dengan CCTV yang terpasang di beberapa titik.

“Saya berharap kedepannya peace room bisa lebih dikembangkan. Misalnya terkait CCTV hendaknya kedepan titiknya bisa ditambah dengan jangkauan yang lebih luas. Ini langkah mewujudkan program smart city yang sangat bagus, karena memang dukungan seperti peace room ini sangat diperlukan,” ucapnya.

Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni menambahkan, keberadaan Peace Room sangat penting bagi sebuah kota yang ingin menjadi Smart City.

Arifuddin menjelaskan, fungsi Peace Room ini tak hanya sebagai monitoring room lewat CCTV untuk mengawasi aktivitas perkotaan utamanya di jalan-jalan utama dan area publik yang ada dalam Kota Sungguminasa saja.

“Peace room juga dapat menerima keluhan masyarakat dengan akses telepon tertentu, seperti 112 atau 119. Warga bisa menghubungi nomor layanan pengaduan untuk menyampaikan keluhannya, sehingga bisa ditanggapi langsung oleh dinas terkait,” jelasnya.

Keberadaan Peace Room ini, lanjut Arifuddin, juga akan turut membantu dalam koordinasi antara petugas dari dinas maupun instansi yang berbeda.

Lebih jauh Arifuddin mengatakan, secara garis besar, Peace Room bisa dikatakan sebagai pusat visualisasi dan integrasi data dari instansi yang ada dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa, baik secara online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan secara bersama dalam sebuah layar di dinding besar.

“Teknologi yang digunakan peace room ini bisa membuat proses birokrasi menjadi terpangkas (menjadi lebih simpel dan cepat) ketika menghadapi keluhan publik. Pemerintah juga dapat dengan cepat merespon jika terjadi keadaan darurat, seperti kebakaran, kemacetan, pergerakan massa atau peristiwa ataukah peristiwa kriminal lainnya,” paparnya.

Turut hadir dalam peresmian ini Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis, jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Reporter :

Editor :

Abdul Kadir

Daus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI