BPPD Sulsel: Butuh Pendekatan Partisipatif Untuk Kembangkan Pariwisata

Pariwisata Sulsel [Foto: Int]

Kabar Makassar– Mengembangkan sektor pariwisata, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan, Andi Januar Jaury Darwis melakukan skema pendekatan partisipatif.

Skema dengan pendekatan partisipatif dipandang dapat menjadi salah satu indikator dalam program pengembangan pariwisata yang dapat memajukan dukungan masyarakat untuk memajukan pariwisata, selain itu, agar menghindari konflik kepentingan dengan penduduk sekitar area lokasi pariwisata.

“kita ingin memajukan pariwisata Sulsel, Jika ada kesepakatan maka pariwisata kita dapat maju dan berkembang seperti daerah lain di Indonesia melalui skema partisipatif ini,” kata Andi Januar. Selasa 15 Agustus 2017.

Baca juga :   FUIB Lakukan Aksi Tolak Perppu No. 2/2017

Dengan pola penekatan ini, dipastikan akan bermanfaat untuk masyarakat serta manfaatnya akan benar benar dirasakan oleh warga sekitar tempat destinasi tersebut.

Hal ini juga karena melihat kecenderungan pemerintah daerah yang hanya berfokus mengejar kuantitas dari jumlah kunjungan wisatawan, sementara keselarasan dengan pembenahan kuantitas yang berbasis penciptaan daya tarik wisatawan masih kurang.

Baca juga :   Hujan Deras, Gelombang Perairan Makassar Setinggi 2,5 Meter

Selain itu, efek berganda dari sektor pariwisata Sulsel belum terdisribusi secaramerata pada seluruh sektor yang berada dalam turunan pariwisata sehingga sangat dibutuhkan dukungan dan peranan dari stakeholder dan pemangku kepentingan.

“Peran ari pemerintah sangat dibutuhkan, karena jika dilihat masih terdapat egosentris yang tercipta dari otonomi daerah yang menjadi salah satu pekerjaan besar dalam pengembangan pariwisata. Semenatar kita mengiginkan pengembangan pariwisata kita ini dapat dilakukan secara kolektif dengan melibatkan seluruh stakeholder,” tambahnya.

Baca juga :   Wagub Tinjau Mock Up Asrama Haji

Lalu pembenahan fasilitas penunjang wisata seperti jalan, gerai makanan atau cindera mata hingga toilet harus diperbaiki agar tercipta kenyamanan wisata. (Adv)

Foto: Int.

[divider sc_id=”sc835762496650″]divider-3[/divider]