BPD Sulselbar Diminta Lakukan Pemisahan Unit Syariah

BPD Sulselbar Diminta Lakukan Pemisahan Unit Syariah

BPD Sulselbar Diminta Lakukan Pemisahan Unit Syariah

Kabar Makassar -- Bank Sulselbar diminta untuk melakukan pemisahan kepemilikan, dimana Bank Sulselbar memiliki Unit Usaha Syariah (UUS). Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah I Sulawesi Maluku Papua (Sulampua) menyampaikan jika Bank Sulselbar Syariah harus memisahkan diri atau melakukan spin off menjadi Bank Umum Syariah (BUS).

Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua), Bambang Kiswono meminta kepada pihak BPD Sulselbar agar melakukan pemisahan tersebut sebelum tahun 2023. Hal tersebut dikatakn jika sudah ada dalam ketentuan UU Perbankan tahun 2008.

"Kita sampaikan juga kepada Gubernur soal pemisahan UUS yang dimiliki Bank Sulselbar agar lebih cepat menjadikan Bank Umum Syariah. Inikan sudah ada dalam ketentuan Undang-Undang perbankan tahun 2008. Kita target hingga tahun 2023 bisa selesai"ujar Bambang Kiswono.

Sementara itu Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan jika jika ada ketentuan itu sebagai pemilik saham menyiapkan APBD untuk menambah modal hingga bisa mencapai ketentuan modalnya, agar Bank Umum Syariah bisa selesai sebelum tahun ketentuannya.

Untuk diketahui jika untuk menjadi Bank Umum Syariah (BUS), BPD Sulselbar harus memiliki modal Rp500 Milliar. Namun saat ini Bank Sulselbar Syariah hanya memiliki Rp100 Milliar. Syahrul Yasin Limpo mengatakan jika untuk menambahkan modal tersebut akan ada perencanaan memakai APBD agar modalnya bisa tercapai hingga Rp500 Milliar.

OJK menambahkan sesuai UU Perbankan No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, bank yang akan menjalankan proses spin off adalah ketika telah mencapai 50 persen dari total aset bank induknya atau telah beroperasi selama 15 tahun sejak berlakunya undang–undang.

Fritz Wongkar

Journalist

Pewarta yang telah mengantongi sertifikat Jurnalis Muda dari Dewan Pers. Aktif menulis sejak 2011.

 

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close