BNNP Sulsel Bagi-bagi Tips Tolak Narkoba

Gerakan Stop Narkoba

Kabar Makassar — Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang ibarat jamur yang terus tumbuh. Tidak hanya ditempat-tempat hiburan, saat ini sudah tersebar di lingkungan perumahan, bahkan ke sekolah-sekolah. Lalu, bagaimana cara menghindari agar keluarga kita tidak terjerumus ke lembah maksiat itu.

Berikut beberapa tips yang disampaikan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan untuk menghindarinya, antara lain :

  1. Dapatkan informasi mengenai bahaya Narkoba dari koran, majalah, seminar, dan sebagainya.
  2. Persiapkan mental untuk menolak jika ditawarkan. Kuatkanlah tekadmu untuk menolaknya.
  3. Belajar berkata “TIDAK” , kalau mendapat tawaran Narkoba. Siapkan alasan yang dapat dipakai, dan alihkan pembicaraan jika kamu mulai disudutkan. Namun, bila teman terus memaksa, segera tinggalkanlah tempat itu. Carilah teman baru yang ””bersih”” dari Narkoba.
  4. Milikilah cita-cita dalam hidup,sehingga hidupmu akan memiliki arah.
  5. Lakukanlah kegiatan positif yang dapat menolong kamu untuk menjadi lebih mandiri, percaya diri, serta menyalurkan hobi serta berprestasi.
Baca juga :   Sampah dan Saluran Air Putus Sebabkan Genangan di Makassar

Selain itu, agar tidak terjerumus Narkoba, diperlukan pendekatan kognitif dari orang tua, sekolah, dan guru. Pendekatan kognitif merupakan pendekatan yang mencoba mengurangi persepsi negatif tentang diri sendiri dengan cara mengubah kesalahan berpikir dan keyakinan diri yang keliru.

Selanjutnya, mengajarkan cara pengendalian tingkah laku yang tidak dikehendaki. Dengan memberikan tindakan preventif, anak dapat dibimbing berpikir positif.

Baca juga :   Stadion Barombong Dipersiapkan untuk HUT Sulsel

Namun, jika anak sudah terlanjur terlibat Narkoba, maka sebaiknya orang tua tidak “meninggalkan” mereka dalam upaya penyembuhan sendiri, tetapi harus terlibat sepenuhnya agar pecandu mendapat dukungan moril.

Pecandu yang telah keluar dari rehabilitasi sangat dianjurkan untuk mengikuti program lanjutan agar dampak ingatan dari Narkoba tidak menimbulkan masalah lanjutan. [ADV]

Editor : Nick