News

BNNP Mencatat, Pengguna Narkoba Kebanyakan Dari Usia Produktif

BNNP Mencatat, Pengguna Narkoba Kebanyakan Dari Usia Produktif

Kabar Makassar-- Kata Indonesia Darurat Narkoba mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, tak terkecuali dengan Sulawesi Selatan. Badan Narkotika Nasional (BNN) juga mencatat penggunaan narkoba terus meningkat setiap tahunnya.

Hal ini terjadi seiring dengan meningkatnya jumlah narkoba yang beredar, Kepala Bdan Pencegahan BNNP Sulsel, Jamaluddin menyebutkan per tahun 2015 pengguna narkoba di Sulsel mencapai angka 128.000, dan di tahun 2016 angka tersebut meningkat sebanyak 2.000 pengguna.

"Setiap tahun jumlah pengguna narkoba itu meningkat, tahun 2015 sebanyak 128.000 dan itu bertambah 2.000 di tahun 2016. selama dua tahun terakhir saja jumlahnya telah mencapai 130.000 pengguna," kata Jamaluddin. Kmais 3 Agustus 2017.

Lebih lanjut ia menerangkan, dari seluruh jumlah yang ada sebagian besar penggunanya masih berusia produktif, mulai dari siswa Sekolah Menengha Pertama hingga Sekolah Menengah Atas (SMP dan SMA).

"Penggunanya itu, kebanyakan dari usia produktif. Awalnya mereka hanya mencoba coba untuk memakai hingga akhirnya ketagihan dan susah untuk dilepaskan," tuturya.

Sementara ditahun 2017 ini hingga bulan Agustus 2017 jumlah pengguna dari usia produktif terus meningkat. Di tahun 2016 pengguna yang sempat melakukan rehabilitasi tercacat sebanyak 1.050 orang dan ditahun 2016 sebanyak 1.200 orang yang telah direhabilitasi.

"Jadi daerah yang kita anggap rawan itu kita melakukan pendekatan terhadap masyarakat terutama ibu ibu agar memberikan perhatian lebih terhadap anak anak mereka, supaya tidak melakukan apalagi mencoba coba barang tersebut," imbuhnya. (Adv)

Foto:Int.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close