BNNK Tana Toraja Sasar Pekerja Dalam Memberantas Narkoba

Stop Narkoba [Foto: int]

Kabar Makassar– Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tana Toraja dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba menggandeng para pekerja dari beberapa perusahan yang ada di kabupaten Tana Toraja.

Mengingat di lingkungan kerja zat zat adiktif sangat mudah masuk dan didapatkan, oleh sebab itu, BNNK Tana Toraja melalui perusahaan perusahaan tersebut melakukan komunikasi informasi dan edukasi kepada para pekerja akan bahaya penyalahgunaan serta peredaran narkoba dilingkungan kerja, agar tercipta lingkungan kerja yang bebas dari narkoba.

Selain itu, pekerja juga harus memahami bahwa punyuluhan narkoba merupakan sistem non formal bagi masyarakat, sehingga pekerja juga mempunyai andil dalam menciptakan lingkungan bebas narkoba di perusahaan masing masing.

Baca juga :   Agus AN Buka AFC ke-8

Penyuluhan dengan memberikan contoh lewat gambar, video dan realita kehidupan sehari hari serta penyampaian informasi tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba diharapkan pekerja memiliki tekad dalam menciptakan lingkungan bebas narkoba.

Disamping itu, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah berusaha mengelurakan Peraturan Menteri No. 11/MEN/VI/2005, Pasal 2 (1) dimana pengusaha wajib melakukan upaya aktif pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, psikotrapika dan zat adiktif lainnya di tempat kerja.

Baca juga :   450 Calon Jemaah Haji Embarkasi Makassar ke Asrama Haji

(2) a. Pentepatan kebijakan;, b. Penyusunan dan pelaksanaan program. Pasal 3 “Pengusaha dan pekerja/buruh dapat berkonsultasi dengan pemerintah yang terkait”. Pasal 4, “Pengusaha dapat meinta pekerja/buruh yang diduga menyalahgunakan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya untuk melakukan tes dengan biaya yang ditanggung oleh perusahaan.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menyampaikan informasi secara langsung bagi rekan rekan yang dilingkungan perusahaan untuk bagaimana mencegah penyalahgunaan narkoba dilingkungan pekerja dan lingkungnan sehari hari.

Baca juga :   Launching TemanKanker, Danny : Obat terbaik Bagi Penderita Kanker Adalah Menyemangati

Penyuluhan dari BNNK ini, secara tidak langsung membantu pemerintah dalam mengurangi penyalahgunaan narkoba yang kian marak beredar.(Adv)

[divider sc_id=”sc931818810160″]divider-3[/divider]