News

BNN Jadikan Pekerja sebagai Penyuluh Pencegahan Narkoba

BNN Jadikan Pekerja sebagai Penyuluh Pencegahan Narkoba

Kabar Makassar ----- Jakarta, Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan berbagai cara pemberantasan narkoba.  Kali ini menggandeng beberapa perusahaan dengan memberikan penyuluhan kepada para pekerja. Dalam aksi pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Pekerja yang telah memasuki tahap V, Direktur Diseminasi Informasi Departemen Bidang Pencegahan BNN, Gun Gun Siswadi menyakini pekerja yang memahami bahaya narkoba dapat menjadi penyuluh untuk turut menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari narkoba.

"Penyuluhan narkoba merupakan sistem pendidikan luar sekolah (non formal) bagi masyarakat agar berubah perilakunya sehingga hidup sehat tidak menggunakan narkoba, artinya para pekerja juga turut mempunyai andil untuk menciptakan lingkungan bebas narkoba di perusahaan masing-masing dan harus disampaikan dengan benar," ujar Gun Gun di ruang VIP Gedung BNN, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Gun Gun menambahkan penyuluh harus memiliki strategi mencapai efektivitas penyuluhan. Menurutnya seorang penyuluh harus mampu memahami materi-materi yang dibawakan.

”Seorang pekerja dapat menyampaikan secara langsung bagi rekan-rekan yang ada di lingkungan perusahaan bagaimana mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan pekerja dan tidak secara langsung perusahaan telah membantu pemerintah dalam mewujudkan pola hidup sehat tanpa narkoba," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan tiap-tiap perusahaan memaparkan rencana aksi (action plan) menekan peredaran narkoba di lingkungan kerja dengan mengaplikasikan penjelasan di tahap-tahap sebelumnya.

"Kami akan melakukan berbagai kegiatan baik di setiap acara Training Pengemudi, Briefing pagi dan sore, penayangan film tentang Narkoba di setiap media TV dan di Pool seluruh Jabodetabek, Sharing di Komunitas Lunch Express Group," kata karyawan PT Express Group.

Dia  menambahkan, pihaknya akan sharing di Komunitas Lunch Express Group tentang berita Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) baik di majalah dinding dan majalah Express. Selain itu, pihak Express juga akan membuka kelas tambahan materi menegnai P4GN. Sementara peserta dari PT Hotel Indonesia Natour berjanji  memasukkan info narkoba dalam majalah bulletin pleasure yang akan dibaca tamu di kamar.

"Hal ini kami lakukan agar setiap tamu yang menggunakan hotel mengetahui informasi terbaru mengenai pencegahan penyalahgunaan narkoba dan bahanya, sehingga masyarakat mendapatkan informasi tersebut dengan berbagai cara. Pegawai atau karyawan kami pun diberikan Peraturan Pegawai Disiplin/Tata Tertib Pegawai (house rule) agar jauh dari segala bentuk penyalahgunaan narkotika," kata Tri, salah satu karyawan.

Anggota Tim Asistensi BNN, Paulina G. Padmohoedojo yang memandu peserta mengatakan penyusunan rencana kerja program pencegahan narkoba berbasis tempat kerja dapat disusun sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Dan Strategi Nasional Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba Tahun 2011-2015.

”Agar program pencegahan di lingkungan kerja dapat meningkatkan produktivitas kerja, membaiknya keselamatan pekerja, meningkatnya motivasi pekerja dan berdampak positif tidak hanya bagi perusahaan tapi juga sebagai wujud kepedulian pada kondisi Indonesia yang sudah darurat narkoba,” tutup Pauline.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close